Gubernur Maluku Utara (Malut),  Abdul Gani Kasuba menyatakan Pemprov Malut pada tahun anggaran 2022 masih fokus pada pembangunan infrastruktur, terutama rumah sakit umum (RSU) dan rumah sakit jiwa (RSJ yang berada di Sofifi.

"Infrastruktur seperti penyediaan perumahan bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas di Sofifi juga harus direalisasikan," kata Gubernur, di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan untuk RSU maupun RSJ adalah institusi pelayanan kesehatan masyarakat, sehingga perlu menyediakan berbagai fasilitas pelayanan baik rawat inap, rawat jalan dan rawat darurat termasuk penyediaan obat-obatan.

Di samping itu pemerintah akan membangun perumahan ASN agar para pegawai dapat menetap, sehingga tidak terganggu jalannya roda pemerintahan.

Pemerintah daerah telah menyediakan lahan guna percepatan pembangunan Kota Sofifi dan salah satu lokasi strategi yang telah dirancang untuk pusat perdagangan.

"Sekalipun masalah regulasi kawasan Ibukota Sofifi masih belum tuntas, namun pelaksanaan pembangunan oleh pemerintah pusat melalui beberapa Kementerian akan dimulai pada tahun. anggaran 2022," janji Gubernur.

Menurut dia, pembangunan tidak terpusat pada Ibukota Sofifi saja, tetapi ada 22 desa di Kecamatan Jailolo Selatan Kabupaten Halmahera Barat dan 24 desa di Kecamatan Oba Tengah dan Oba Utara Tidore Kepulauan yang masuk kawasan Kota Sofifi menjadi perhatian pemerintah.

AGK mengakui darI pengalaman pelaksanaan STQ yang dipusatkan di Sofifi sukses, sehingga kalau ada agenda-agenda nasional kami sudah siap dan kemungkinan besar kegiatan Hari Keluarga Keluarga Nasional (Harganas) yang digelar BKKBN untuk 34 provinsi pada tahun 2022 yang dipusatkan di Sofifi.

Lebih lanjut, kata dia, untuk pelaksanaan MTQ Nasional pada tahun 2024 pihak pemerintah daerah melalui Pemprov Malut telah siap jika mendapat kepercayaan sebagai tuan rumahnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021