Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan personelnya untuk melakukan pencarian terhadap seorang warga Oba, Tidore Kepulauan bernama Koda Ismail (46 ) yang diterkam buaya saat sedang pergi ke sungai pada 3 Desember 2021. 

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah dihubungi ANTARA, Sabtu, menyatakan, setelah menerima laporan tersebut, pihaknya melakukan koordinasi dengan Lanal Ternate dan Ditpolairud Polda Malut guna meminta bantuan dukungan personel. 

Menurut dia, berdasarkan laporan saksi mata, korban diterkam buaya dan dari informasi yang disampaikan, selanjutnya tim diterjunkan pada pukul 8.50 WIT. Tim SAR gabungan bergerak dari Ternate menuju Desa Gita dengan menggunakan RIB 02 Ternate.

Setelah tiba di Desa Gita, Tim SAR gabungan bergerak menuju Desa Bale melalui jalur darat dengan jarak tempuh 11.3 KM..

Dia menyatakan, sesuai informasi dari saksi mata, pada 3 Desember 2021, Koda Ismail beserta istrinya pergi ke kebun, sekitar Pukul 17.00 WIT, korban pergi ke sungai untuk mengambil air dan di saat itu juga istrinya melihat seekor buaya menerkam korban. 

"Istrinya kemudian berlari menuju Desa terdekat untuk meminta bantuan masyarakat Desa Bale beserta keluarga korban telah melakukan pencarian namun hasil masih nihil," katanya.

Sebelumnya, seorang korban bernama Yulianus Buda (45) yang dilaporkan diterkam buaya di Sungai Taolas Desa Dum-Dum, Halmahera Utara.

Tim Basarnas menerjunkan SRU 1 menggunakan Rubber Boat Basarnas dan Long Boat milik masyarakat melaksanakan penyisiran ke arah utara dari LKP sejauh 2 KM di sungai Talaos dan melaksanakan penyisiran di sisi kanan dan kiri sungai Taolas ke arah utara dari LKP sejauh 2 KM dan hasilnya nihil.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021