Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut), membuka dapur umum bagi para pengungsi terdampak gelombang air pasang  di pos pengungsian yang tersebar di tiga titik di daerah itu.

Kepala Seksi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate Samsudin Samad di Ternate, Kamis, mengatakan dapur umum yang dibuka untuk warga yang berada di pos pengungsian ini, setelah Kota Ternate ditetapkan status tanggap darurat dalam penanganan cuaca ekstrem dan gelombang tinggi pada 6 hingga 19 Desember 2021.

Dia menjelaskan dapur umum yang dibuka ini akan menyediakan seribu nasi bungkus bagi ratusan pengungsi da para relawan yang berada di pos pengungsian.

“Seribu nasi bungkus ini akan ddistrbusikan kepada para pengungsi yang tersebar di tiga titik pos pengungsian, yakni gedung SKB, panggung lapangan Ngara Lamo dan gedung SD di Kelurahan Taduma,” kata Samsudin.

Baca juga: Pengungsi dampak gelombang air pasang di Ternate bertambah, begini penjelasannya

Selain itu, jumlah pengungsi bertambah dari 582 orang menjadi 640 orang. Mereka masih takut ketika terjadi gelombang air pasang menghantam rumah dan masuk pemukiman mereka sejak 4 Desember 2021.

“Upaya lain dalam penanggulangan fenomena alam ini, adalah mengamankan keselamatan warga yang berada di pesisir pantai, karena saat ini cuaca buruk masih terjadi hingga berapa hari ke depan sesuai prakiraan cuaca dari BMKG setempat,”ujarnya.

Ia menyatakan untuk data sementara jumlah kerusakan rumah warga yang berhasil diidentifikasi oleh tim di lapangan, yakni di Kelurahan Sangaji sebanyak16 unit, terdiri atas rusak sedang 9 rumah dan sisanya rusak ringan, di Kelurahan Salero 11 unit, dua di antaranya rusak sedang dan sisanya rusak ringan serta fasilitas umum berupa talud penahan ombak di kawasan Jatiland Mall Kelurahan Gamalama dan ruang tunggu Pelabuhan Speedboat di Kelurahan Kota Baru

“Kami mengimbau kepada masyarakat di Kota Ternate, khususnya yang tinggal di pesisir pantai untuk tetap tenang dan waspada terhadap cuaca ekstrie ini,” kata Samsudin.

Baca juga: Pemkot Ternate tetapkan status siaga bencana akibat cuaca ekstrem, waspadai musibah
Baca juga: Ratusan warga Ternate enggan kembali ke rumah, ikuti peringatan BMKG

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021