Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun menghadirkan Qori Internasional pada perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-29 tahun 2021.

Kehadiran Qori Internasional ini guna menjawab harapan Bupati Malra, agar dapat mempersiapkan Qori dan Qoriah untuk tampil pada ajang MTQ tingkat Provinsi Maluku hingga tingkat Nasional. Muhammad Yusri, Kepala Seksi Musabaqoh MTQ ke-29 Malra, mengemukakan hal tersebut, Senin.

"Muhammad Rido adalah Qori Internasional, yang sudah tampil di tingkat internasional, ini sengaja di datangkan langsung Bupati Malra seklligus juga melakukan penilaian sebagai dewan hakim pada saat tilawah Al-Qur'an dewasa dan tilawah remaja," ungkap Yusri.

Dengan begitu, sebut Yusri, di harapkan kwalitas dari finalis pada MTQ ke 29 nanti juga bisa beliau ukur, apakah mereka layak untuk mewakil Malra ditingkat provinsi atau tidak.

Ia juga sudah kami rekrut sebagai salah satu dewan hakim pada ajang MTQ saat ini yang digelar, jelasnya.

Lanjutnya, sebelum dihadirkan pada MTQ ini, Pemda Malra pada peringatan Maulid Nabi Muhammad tahun ini.

Yusri menuturkan, menurut Bupati, rencananya Qori internasional ini akan melatih, pserta yang akang mewakili Pemda Malra ke tingkat Provinsi.

Selain beliau, turut hadir Ustad Mochtar Fatawi, beliau hafiz 30 juz dan juga sudah pernah mengikuti lomba di ajang Internasional, beliua ini juga akan melatih peserta yang akan mewakili Pemda Malra nantinya, khusus untuk mereka penghafal Al Qur'an, terang Yusri.

Bahkan kedepan, jika ada peluang didirikan pesantren Al Qur'an disini bekerja sama dengan Pemda, beliau sudah bersedia menjadi pembibingnya, jadi ini programnya jangka panjang.

Yang pasti dengan kehadiran mereka, akan memberikan semangat kepada Qori dan Qoriah kita dengan pengalamannya, serta memberi warna dengan berbagai fariasi-fariasi yang terus berkembang.

"Ini, bagi saya pribadi, upaya yang tepat, karena fariasi-fariasi membawakan Al Qur'an cukup banyak dibandingkan dengan kita disini, sehingga diharapkan dapat di bawah kesini untuk diplementasikan," tutup Yusri.

Baca juga: Bupati Malra Harap MTQ bukan sekadar lomba, begini pesannya
Baca juga: MTQ Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Ke-29 Siap Digelar

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021