Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan hasil seleksi Sekretaris Kota  (Sekkot) Ambon masih menunggu administrasi tertulis dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Saya sementara menunggu administrasi tertulis dari KASN yang berisi tiga nama calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dalam Jabatan Sekkot dari hasil seleksi terbuka," katanya, di Ambon, Rabu.

Dikatakannya, jika beberapa waktu kedepan disampaikan, maka selanjutnya akan diambil langkah pelantikan, setelah berkonsultasi dengan Kemendagri dan Gubernur Maluku terkait sosok Sekkot yang ideal.

"Pekan depan saya pastikan kita sudah memiliki Sekkot yang baru," ujarnya.

Pihaknya membantah isu yang beredar di masyarakat terkait nama tiga nama calon yang direkomendasi KASN beserta waktu pelantikan.

Hal tersebut, katanya, masih bersifat rahasia. Yang pasti dari enam orang yang mengikuti seleksi ada tiga yang diakomodir sesuai dengan peringkat.

Richard juga memastikan bahwa proses seleksi terbuka bebas dari
Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy
unsur rekayasa dan kepentingan lainnya.

"Jika ada unsur lain, dari awal saya sudah rekayasa, lagipula seleksi itu kan terbuka untuk umum. Jika hanya formalitas tentu prosesnya tidak sampai seperti ini,” tandasnya.

Seleksi terbuka Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dalam jabatan Sekkot Ambon, diikuti enam orang pejabat baik dari internal Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon maupun dari luar.

Keenam calon tersebut yakni Agus Ririmasse, Jopie Silano, Enrico Matitaputty, Samuel Huwae, Fahmi Salatalohy, dan Joy Adriaansz.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021