Perusahaan operator telekomunikasi Telkomsel Regional Maluku Papua, melakukan optimalisasi jaringan broadband guna menjamin ketersediaan produk dan layanan digital menjelang perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Kami melakukan sejumlah kegiatan di antaranya berupa optimalisasi jaringan broadband, menjamin ketersediaan produk dan layanan digital yang tersebar di 15 Point of Interest (POI)," kata General Manager Network Service Assurance Telkomsel Maluku & Papua Agus Sugiarto, dalam pernyataan pers yang diterima Antara, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, dari 15 POI tersebut, sebanyak tujuh POI, difokuskan pada wilayah residensial dikarenakan perayaan Natal dan Tahun Baru yang masih berlangsung di tengah pandemi COVID-19, sehingga pelanggan masih menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah.

Sementara delapan POI lainnya terdiri dari lima POI bandara dan terminal, dua lokasi publik, dan satu rumah sakit.

Telkomsel katanya, telah melakukan sejumlah aktifitas untuk penguatan kualitas dan kapasitas hingga cakupan jaringan POI yang telah ditentukan.

Diantaranya berupa optimalisasi 508 BTS, penambahan tiga unit Compact Mobile BTS (COMBAT), dan penambahan 37 BTS berteknologi 4G/LTE yang tersebar di wilayah Regional Maluku Papua.

Di wilayah Branch Ambon terdapat empat POI, yaitu Bandara Pattimura Ambon, Lapangan Merdeka Ambon, Lapangan Watdek Tual, dan Terminal Binaya di Pulau Seram.

"Kesiapan dari sisi jaringan sudah mencapai target 100 persen dari sejumlah program yang sudah kita tetapkan," katanya.

Dijelaskannya, di Regional Maluku Papua diprediksi mengalami peningkatan trafik data saat Hari Raya Natal 2021 sebesar 8,02 persen dibanding hari normal. Dan untuk momen pergantian tahun, trafik data diprediksi meningkat 13,59 persen dibanding hari normal.

Sementara itu, untuk trafik suara selama periode NARU diprediksi mengalami peningkatan sebesar 0.53 persen dibanding hari normal," tambah Agus.

General Manager Consumer Sales Telkomsel MalukuPapua, Yuli Haryadi mengatakan sejumlah kesiapan dari sisi penjualan.

Selama periode Natal dan Tahun Baru, pihaknya menjamin ketersediaan produk, baik pulsa, kartu perdana, dan juga beragam paket digital bagi pelanggan.

Di wilayah Ambon, terdapat total 25 Outlet SIAGA dan tiga unit MOGI, yang terbagi menjadi sembilan Outlet SIAGA dan satu unit MOGI di Cluster Ambon Namlea.

Sementara itu di Cluster Kepulauan Tual terdapat tujuh Outlet SIAGA dan satu unit MOGI, dan di Cluster Kepulauan Kepulauan Seram terdapat sembilan Outlet SIAGA dan satu unit MOGI.

Baca juga: Telkomsel perbaiki gangguan jaringan internet di Leihitu Maluku Tengah, begini penjelasannya
Baca juga: Gangguan BTS Telkomsel sebabkan jaringan internet tidak stabil, begini penjelasannya

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021