PT Jasa Raharja Cabang Maluku menyerahkan santunan kepada ahli waris korban meninggal dunia akibat kecelakaan laut di perairan Desa Pela, Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru.

Santunan diserahkan penanggung jawab Jasa Raharja Namlea,  Hendra Lesnussa, kepada La Kadiri, suami korban penumpang longboat Liliana Jaya yang meninggal dunia akibat kecelakaan laut, Kamis.

"Petugas kami langsung menindaklanjuti menyerahkan santunan  yang ditrasnfer via bank sebesar Rp50 juta kepada ahli waris yang berdomisili di Desa Ilath,Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru," kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang Maluku, Triadi.

Ia mengatakan, santunan tersebut merupakan komitmen Jasa Raharja untuk memberikan perlindungan dasar bagi korban kecelakaan penumpang angkutan umum, seperti tertuang dalam UU Nomor 33 tahun 1964 tentang Dana Pertanggungan Wajib Kecelakaan Penumpang Umum.

"Atas nama PT Jasa Raharja Cabang Maluku, turut berduka cita untuk keluarga korban meninggal dunia. Keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan," ujat Triadi.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar lebih bijaksana dalam memilih angkutan transportasi umum saat bepergian, khusususnya transportasi umum laut .

"Transportasi laut harus memiliki izin resmi dari instansi terkait, agar perjalanan masyarakat dari saat naik kapal, speedboat atau longboat hingga tiba di tempat tujuan dilindungi Jasa Raharja," kata Triadi.

Kronologis kecelakaan laut tersebut bermula sekitar pukul 13.30 WIT longboat Liliana Jaya berangkat dari Namlea menuju desa Ilath bermuatan 17 orang yang terdiri dari 11 orang dewasa dan enam orang anak-anak.

Setelah tiba di perairan Desa Pela Kecamatan Batabual, Kabupaten Buru yang berjarak kurang lebih 500 meter dari bibir pantai, longboat dihantam ombak dari arah belakang sehingga air masuk ke dalam dan tenggelam.

Tidak lama kemudian datang Onyong Galela warga Desa Pela menggunakan perahu untuk menolong para korban. Selanjutnya, menarik longboat Liliana Jaya yang terbalik  dibantu masyarakat ke Desa Pela pada pukul 14.30wit.

Kejadian tersebut satu penumpang meninggal dunia atas nama Ibu Apia alamat Desa ilath. Korban meninggal karena tengelam atau tidak bisa berenang.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022