Aparat kepolisian masih menyelidiki penyebab musibah kebakaran yang menghanguskan dua unit rumah warga di Dusun Sarimadu, Negeri Tulehu, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah yang terjadi pada Senin (10/1) pukul 17:00 WIT.

"Memang tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun,  untuk penyebabnya masih dalam penyelidikan," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Iptu I. Leatemia di Ambon, Selasa.

Baca juga: Gedung DPRD Batam kebakaran akibat korsleting listrik

Peristiwa kebakaran ini menyebabkan rumah milik warga bernama Wa One (55) dan tetangganya Vicktor Saimima (26) musnah dilalap api.

Dari keterangan saksi yang didapatkan polisi di TKP, Nursita (24) mengatakan awalnya dia melihat ada nyala api dari bagian kamar rumah milik Wa One.

"Pemiliknya sedang tidak berada di rumah, dan saksi melihat ada dua anak yang keluar dari rumah Wa One dan salah satu dari anak tersebut sedang memegang sebuah korek api," jelas Leatemia.

Kemudian Nursita dengan respon berteriak bahwa rumah Wa One terbakar dan selang beberapa detik datanglah warga sekitar melihat kejadian tersebut dan kobaran api sudah merembet ke rumah milik Victor Saimima yang berada di sebelahnya.

Menurut keterangan saksi II,  Nurlaini Nahumarury (41) menjelaskan bawah awalnya dia sementara menyetrika pakaian di dalam rumahnya dan mendengar teriakan saksi Nursita sehingga dia keluar dan melihat dua rumah telah terbakar.

Selanjutnya saksi langsung menuju TKP dan meminta pertolongan kepada warga sekitar guna bersama-sama membantu memadamkan kobaran api.

Pada Pukul 17.20 WIT, tiba di TKP personil Polsek Salahutu dan langsung bersama warga masyarakat setempat melakukan pemadaman menggunakan alat bantu seadanya dengan memanfaatkan sumber air terdekat.

Berdasarkan keterangan para saksi di TKP kebakaran tersebut adalah akibat kelalaian pihak korban, yang bepergian keluar rumah tidak menutup rumahnya dengan baik, sehingga anak-anak tetangga masuk dan bermain di dalam.

Berdasarkan keterangan Faris Tuasamu (5), bawah pada saat bersama Dafa Mandara (4) masuk ke dalam rumah Wa One, mereka menemukan sebuah korek api di atas meja.

Faris kemudian mengambil korek api tersebut lalu masuk ke dalam kamar dan menemukan sebuah buku, lalu dengan respon dia langsung membakar buku tersebut.

Baca juga: Satu rumah di Ambon kebakaran di akhir tahun akibat kelalaian pemilik

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022