Bupati Kepulauan Tanimbar Petrus Fatlolon, mengatakan bahwa persiapan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXIX Provinsi Maluku di Kota Saumlaki, ibu kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, pada Maret 2022 sudah hampir rampung.

"Saya telah melakukan pengecekan, baik itu tentang acara, tempat-tempat penginapan, dan tempat-tempat pelaksanaan lomba. Lapangan Mandriak untuk acara pembukaan dan penutupan pun telah rampung 96 persen, tinggal pengecatan saja, setelah itu lapangan sudah bisa digunakan," katanya di Saumlaki, Selasa.

Ia mengatakan bahwa sebagai tuan rumah, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar sudah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan MTQ Provinsi Maluku, yang dijadwalkan berlangsung 18-24 Maret 2022. 

Bupati memperkirakan sekitar 1.000 orang yang meliputi peserta, panitia, juri, dan tamu dari 11 kabupaten dan kota di Provinsi Maluku akan datang datang ke Kepulauan Tanimbar untuk menghadiri MTQ.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, menurut dia, sudah menugasi 12 organisasi perangkat daerah untuk menyiapkan pelayanan bagi kontingen MTQ dari 11 kabupaten dan kota.

"Dinas, badan yang telah ditunjuk, mereka menyiapkan minimum empat orang pegawai untuk melakukan pendampingan," kata Bupati.

Petugas pendamping akan berkoordinasi dengan panitia penyelenggara untuk memastikan ketersediaan penginapan, sarana transportasi, serta pelayanan lain bagi kontingen peserta MTQ.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar sudah menyiapkan beberapa hotel di Saumlaki serta rumah susun di Desa Bomaki, Kecamatan Tanimbar Selatan, untuk rombongan peserta MTQ. Apabila fasilitas itu belum mencukupi, mes pastor dan pendeta disiapkan untuk menampung peserta MTQ.

Pemerintah kabupaten juga sudah menyurati maskapai untuk mengajukan permintaan penambahan frekuensi penerbangan menjelang pembukaan MTQ.

Baca juga: Kesuksesan MTQ Ke-29 Malra contoh toleransi umat beragama di Maluku, patut diteladani
Baca juga: Bupati Malra Hadirkan Qori Internasional Pada Ajang MTQ Ke-29

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022