Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX/ Ambon dan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Provinsi Maluku menggelar vaksinasi COVID-19 untuk pedagang dan warga yang beraktivitas di terminal maupun pasar Mardika Kota Ambon.

"Sasarannya baik pedagang, pengemudi angkutan kota maupun warga yang belum divaksinasi agar dapat terlayani," kata Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina di Ambon, Jumat.

Sebanyak 14 orang tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan (Diskes) Lantamal IX dan Rumah Sakit TNI AL dr. F. X. Suhardjo dikerahkan untuk untuk melaksanakan serbuan vaksinasi bagi warga yang beraktivitas di pasar rakyat terbesar di Ibu Kota Provinsi Maluku itu.

Para vaksinator dibagi dalam dua tim dan didukung personel Binda Maluku juga melakukan vaksinasi di Terminal Mardika.

Serbuan vaksinasi yang dilaksanakan hanya untuk dosis kedua dengan vaksin jenis Sinovac serta vaksin penguat atau booster jenis Pfizer.

"Sasarannya adalah mendukung program pemerintah untuk mencapai kekebalan kelompok, serta target vaksinasi secara nasional, khususnya di Provinsi Maluku," ujar Danlantamal.
Vaksinator Lantamal IX Ambon menyuntik vaksin kepada seorang pedagang di Pasar Mardika, Kota Ambon, Jumat (25/2) (HO/Dispen Lantamal IX Ambon)


Serbuan vaksinasi yang terus dilaksanakan di berbagai tempat dengan menggandeng berbagai komponen tersebut sesuai Instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

"Hampir setiap hari serbuan vaksinasi dilaksanakan tim vaksinator Lantamal IX Ambon melalui kerja sama dengan berbagai pihak, baik di Mako Lantamal maupun di berbagai tempat lain," kata Danlantamal.

Seorang pedagang di pasar Mardika, Andini Hehaitu menyampaikan terima kasih atas serbuan vaksinasi yang digelar Lantamal IX Ambon.

"Dangke (terima kasih)  karena serbuan vaksinasi ini saya bisa divaksin booster dan aktivitas berdagang tidak terganggu.(Katong ( Kami) berdoa semoga pandemi COVID-19 ini segera berlalu, sehingga semua aktivitas dapat berlangsung normal kembali," ujarnya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022