Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun bertekad membawa olahraga di wilayahnya ke industri olahraga, salah satunya melalui cabang olahraga tinju.

Tekad ini dikemukakan Thaher dalam siaran pers yang diterima Antara, Minggu, ketika dirinya membuka secara resmi Musyawarah Kabupaten (Muskab) Persatuan Tinju Kabupaten Maluku Tenggara, Sabtu kemarin yang dipusatkan di Balroom Hotel Suita Langgur.

"Saat ini kita berpikir bagaimana olahraga kita, salah satunya tinju dapa menuju ke industri olahraga atau olahraga profesional," ungkap Thaher.

Maka, untuk menuju hal tersebut, perlu motivasi kita semua secara bersama-sama denga menghilangkan perbedaan dan menjunjung tinggi sportifitas kita.

Baca juga: Petinju asal Maluku Ongen Saknosiwi hanya butuh empat ronde kanvaskan petinju Thailand, langsung TKO

Kemudian kedisiplinan baik itu, atlet, pelatih,  maupun kedisiplinan berorganisasi harus dapat kita jalankan.

Muskab ini untuk membentuk kepengurusan Pertina Malra secara resmi, sehingga dalam waktu dekat dengan segala kesiapan, maka iven kejuaran tinju amatir terbuka yang kita inginkan bersama dapat terlaksana.

Dengan pelaksanaan iven itu nantinya, dimana kita juga sudah memiliki 13 sasana yang sudah ada dan siap berlaga, dapat melahirkan bibit atau atlet-atlet yang siap berlaga pada iven-iven yang lebih besar lagi, sekelas Provinsi, Nasional, bahkan ke Internasional, sehingga industri olharaga itu dapat kita capai.

Thaher menambahkan, Maluku ini besar, kita memiliki potensi yang besar, banyak dari kita yang berprestasi dan membawa harum daerah lain, oleh karena itu, ini menjadi catatan bagi kita.

Baca juga: Tibo Monabesa menang atas petinju Filipina setelah dua kali tersungkur, pertahankan gelar WBC

Untuk dunia tinju, kita mengenal sosok Elias Pikal yang sudah mendunia dan mengharumkan nama Indonesia, dia berasal dari Maluku, ini seharusnya dapat memotivasi kita untuk lebih memajukan olahraga ini kedepan, tandas Thaher.

Sementara itu, Yance Haumase, Wakil Ketua Harian Pertina Maluku dikesempatan tersebut mengemukakan, salah satu Kepala Daerah di Maluku yang kepeduliannya cukup tinggi untuk Olharaga dapat berkembang yakni Bupati Malra, ini penilaian kami.

Prestasi Pertina Maluku terakhir yakni pada PON Papua kemarin dimana melalui cabang tinju kita wakilkan 4 orang, hasilnya kita mendapat tiga medali, yakni emas, perak dan perunggu.

Kata Haumase lanjut, selaku wakil ketua harian pertina dan juga selaku wakil ketua umum KONI Maluku saya berharap Pertina Malra akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi mewakili Maluku nantinya dengan 13 sasana yang sudah ada dan hadirnya kepengurusan Pertina Malra,"

Kemudian, harapan ini dapat diwujudkan nyatakan dengan rencana Bupati Thaher untuk membuat turnamen terbuka, ini menjadi sesuatu yang luar biasa, kami sambut baik dan mendukungnya, pungkas Haumase.

Baca juga: Tim tinju Maluku minta maaf atas kegagalan capai target di PON Papua

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022