Kapolresta Pulau Ambon dan PP Lease, Kombes Pol Raja Arthur Simamora memimpin pengamanan di lokasi pertemuan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dengan Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Tarcisio Bertone SDB Piero Pioppo.

"Tujuan pertemuan yang berlangsung secara internal ini berlangsung di Gedung Catolik Center ini membahas masalah toleransi antarumat beragama di Indonesia," kata Kapolresta di Ambon, Sabtu.

Puluhan aparat keamanan dari unsur TNI dan Polri ini telah melakukan pengamanan lokasi pertemuan sebelum Menag dan rombongan tiba di Kota Ambon dalam rangka menghadiri penahbisan Uskup Dikoksis Amboina.

Menurut dia, pertemuan tersebut juga dalam rangka membahas prosesi persiapan acara Penahbisan Uskup Amboina Mgr Seno Ngutra sebagai Uskup Diosis Amboina yang menggantikan Mgr Petrus Canisius Mandagi serta membahas program kerja keagamaan Khatolik ke depan di Indonesia.

"Dalam pertemuan Menag dengan Dubes Vatikan ini juga hadir Sekretaris Dubes Vatikan untuk Indonesia, Mgr Arnaud du Cheyron de Beamount, Kepala Keuskupan Amboina Mgr. PC Mandagie, dan para uskup se-Indonesia," ujarnya.

Pada tahun 2020 lau, mantan Menteri Agama RI Fachrul Razi juga pernah mengapresiasi kerukunan hidup antarumat beragama di Maluku yang saling menghargai satu sama lain.

Sehingga kondisi kehidupan beragama yang toleran di Maluku seperti ini bisa menjadi contoh di Indonesia maupun untuk masyarakat dunia internasional.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022