Atlit Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-X asal Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), Senin, diarak keliling kota dan mendapat sambutan warga, setelah meraih menjadi juara umum yang berlangsung di Halmahera Tengah (Halteng).
Atlit Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-X asal Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) diterima Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman (Abdul Fatah)
Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman mengatakan, tim Popda Ternate diarak keliling kota merupakan bentuk ekspresi atas keberhasilan meraih juara umum selama tiga kali berturut-turut dan mendapat sambutan masyarakat.

"Kami berbangga, karena Ternate berhasil meraih juara umum tiga kali berturut-turut dan membuktikan bahwa target KONI menjadikan Ternate sebagai kota atlit terpenuhi," katanya saat melepas tim Popda Ternate diarak keliling kota.

Menurut Wali Kota, prestasi yang diraih Kota Ternate ini diharapkan bisa memberi prestasi bagi pelajar untuk tetap mengasah kemampuannya, sehingga bisa menjadi atlit yang dapat berkiprah di kancah nasional.

Kota Ternate dengan membawa 104 atlit ini berada di posisi pertama meraih 60 Medali dengan rincian  31 medali emas, 15 perak dan 14 perunggu, terdiri dari Cabor atletik medali emas 7, 2 perak dan 3 perunggu, bola basket medali emas 2, bulu tangkis medali emas 6 dan perak 4, Bola Voly medali emas 1, tenis lapangan medali emas 3,perak 1 dan perunggu 1," kata Kadispora Malut, Ansar Daali dihubungi, Senin.

Untuk cabor tenis meja medali emas 4,perak 7 dan perunggu 7, tinju medali emas 5, perak 2, perunggu 1, pencak silat medali emas 4, perak 5 dan perunggu 7.

Di posisi kedua ditempati oleh Halmahera Barat (Halbar) dengan perolehan 42 medali dengan rincian 15 emas, 10 perak dan 17 medali perak  perunggu.Terdiri dari Cabor atletik medali emas 8 , 4 perak dan 5 perunggu.Bola Basket medali emas 2.bola voly kosong.Bulu tangkis medali perunggu 2.Tenis lapangan kosong medali.
 
Cabor tenis meja medali perak 2 dan perunggu 2.Tinju medali emas 3, 2 perak,perunggu 1, pencak silat medali emas 4, 2 perak dan perunggu 6.

Baca juga: Ternate juara umum Popda ke-X Malut

Selanjutnya, posisi ke ketiga di tempati Kota Tidore Kepulauan dengan perolehan 29 medali diantaranya 10 emas, 10 perak dan 9 perunggu.Terdiri dari Cabor atletik medali emas 3,medali perak 4.Bola Basket medali perak 2,.Bola Voly medali emas 1,Tenis lapangan kosong.Bulu tangkis perunggu 3,.Sepak bola emas 1.

Cabor tenis meja medali emas 2, perak 1.Tinju kosong .Pencak silet medali emas 3,perak 3 dan perunggu 6.

Posisi empat di tempati kabupaten halut  dengan perolehan medali 33 medali ,dengan rincian 9 emas, 10 perak dan 14 perunggu.Terdiri dari Cabor atletik medali perak 4.Bola Basket medali perak 2, bola Voly medali perunggu 2,.Tenis lapangan dan sepak bola kosong.

Cabor tenis meja medali 1,perak 1 dan perunggu 2.Tinju medali perak 2,perunggu 5.Pencak silet medali emas 8,perak 3 dan perunggu 5.

Kabupaten Kepulauan Sula diposisi ke lima, dengan perolehan 31 medali, dengan rincian 4 medali emas, 13 perak, dan 14 perunggu.Terdiri dari Cabor atletik medali emas 4,7 perak dan 6 perunggu.

Baca juga: Tim sepak bola tuan rumah tumbang dari Popda X Maluku Utara 5-1

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022