Gubernur Maluku Utara (Malut), Abdul Gani Kasuba mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menggelorakan semangat HUT RI dengan pertahankan kerukunan dan kedamaian dalam membangun daerah.

"Saya mengajak semua elemen untuk terus menggelorakan semangat nasionalisme, semangat membangun dan memajukan Indonesia.  Mari jaga solidaritas, terus pertahankan kerukunan dan kedamaian. Kita bergandengan tangan mengisi kemerdekaan untuk memajukan Indonesia, khususnya Malut. Selamat merayakan HUT Kemerdekaan ke-77 RI ," kata Abdul Gani, di Sofifi, Rabu.

Dalam upacara detik-detik Proklamasi di Sofifi itu, Wakil Gubernur (Wagub) Malut M Al Yasin Ali menjadi inspektur upacara (Irup) pada peringatan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-77 tahun 2022 di Sofifi, Rabu (17/8/2022).

Upacara yang berlangsung khidmat itu dihadiri Gubernur Malut KH Abdul Gani Kasuba (AGK) jajaran Forkompimda, pimpinan DPRD Malut, Sekdaprov Samsuddin Abdul Kadir, Ketua Tim penggerak PKK Faoniah Kasuba, Ketua DWP Darmawati Samsudin, pimpinan perguruan tinggi negeri dan swasta.
Terlihat.

Sedangkan, upacara detik-detik proklamasi dimulai dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Ketua DPRD Provinsi (Deprov) Malut Kuntu Daud serta pengibaran bendera merah putih oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Malut. Upacara ditutup dengan menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Upacara juga dirangkaikan dengan penandatanganan kerja sama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut dengan perguruan tinggi negeri Khairun Ternate. 

Dalam kesempatan itu, Gubernur dua periode ini bersama Rektor Unkhair DR M Ridha Ajam menandatangani langsung perjanjian kerja sama tersebut.

Selain itu dilakukan pula launching aplikasi sistem pengelolaan dan pencairan dana Terintegrasi (SP2DT) Provinsi Malut yang digagas  Badan Keuangan dan Aset Daerah  Malut. Kegiatan launching ini ditandai dengan penekanan serine oleh duet AGK-Yasin Ali. Acara diakhiri dengan  launching proyek perubahan Sabua Literasi milik reformer Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Mulyadi Tutupoho oleh Gubernur AGK.

Sementara itu, Pemerintah Kota Ternate melaksanakan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dipusatkan di Lapangan Ngaralamo Ternate.

Wali Kota M Tauhid Soleman yang bertindak sebagai Inspektur Upacara itu mengambil tema pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dengan Komandan Upacara Kapten INF Adi Prabowo, bertugas sebagai pembawa baki Athiya Benazir Haura Yasin dari SMA Negeri 1 Kota Ternate anak dari Sabili Rasyid Yasin dan Meriyati Kharie, pembentang bendera Muhammad Ijul Daim Langkara dan penggait serta penggerek Muhammad Harimurti M Halim, pembacaan naskah Proklamasi Kemerdekaan RI dibacakan oleh Ketua DPRD Kota Ternate, Muhajirin Bailussy.

Sedangkan, Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman tidak tampak di tengah-tengah tamu yang menghadiri perayaan HUT Proklamasi ke-77 tersebut.

Baca juga: Danlantamal IX Ambon pimpin upacara HUT RI di bawah laut Pulau Saparua

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2022