Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ternate, Maluku Utara, meminta para calon jamaah haji (CJH) Ternate, musim tahun 2023 untuk bersabar menunggu kepastian biaya haji tahun ini yang akan diumumkan oleh pemerintah.

Kepala Kemenag Kota Ternate, Amir Tomagola di Ternate, Senin, menyatakan, nantinya melalui proses pembahasan antara pemerintah dan DPR RI maka pemerintah akan memutuskan terbaik untuk semuanya.

Menyusul adanya usulan pemerintah pusat melalui Kementerian Agama mengenai kenaikan biaya haji pada musim haji tahun 2023 ini

Baca juga: Sekjen Kemenag: Maluku bisa jadi embarkasi haji untuk kawasan timur

"Jangan kita melihat atau terpengaruh dengan berita - berita yang lain, tapi sebagai warga negara yang baik dan sebagai jamaah haji untuk memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan ibadah haji maka kita tetap istiqomah dan sambil menunggu pemberitahuan resmi dari pemerintah," ujar mantan Kepala Kemenag Kabupaten Halmahera Selatan itu.

Dia mengatakan, informasi mengenai biaya haji Tahun 2023 sebesar Rp69,1 juta per jamaah yang kini beredar di masyarakat itu, belum menjadi keputusan pemerintah, karena masih dikaji bersama dengan DPR RI, sehingga para CJH di daerah ini tidak perlu merisaukan informasi itu.

Baca juga: Kementerian Agama terbitkan rencana perjalanan haji 1444 Hijriah, begini penjelasannya

"Kita telah menyampaikan informasi itu ke CJH Ternate, termasuk pula dari Kantor Urusan Agama maupun penyuluh agama di setiap kecamatan yang berada di daerah ini," kata Amir

Oleh karena itu,  Kepala Kemenag Kota Ternate, mengimbau kepada para CJH yang akan berangkat pada musim haji tahun ini, untuk tetap mempersiapkan diri, terutama masalah kesehatan bagi mereka yang masuk kategori berisiko tinggi, seperti memiliki penyakit dan telah berusia lanjut.

Ia menambahkan, untuk kuota CJH Kota Ternate Tahun 2023 sebanyak 265 orang atau sama dengan tahun - tahun sebelumnya, sementara yang telah mendaftar untuk menunaikan rukun Islam ke lima itu, sampai awal Februari 2023 sebanyak 6500 orang atau membutuhkan waktu selama 21 tahun untuk bisa berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi.


Baca juga: Kanwil Kemenag Maluku seleksi petugas haji

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023