Sebanyak 114 siswa mengikuti Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) Polri Gelombang I Tahun 2023 di SPN Polda Maluku, Passo, Kota Ambon. 

Wakapolda Maluku Brigjen Pol Stephen M Napium mengatakan, program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri 2023 diselenggarakan dalam dua gelombang. Lama pendidikan yaitu selama lima bulan. 

Sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam Transformasi Polri yang Presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul di Era police 4.0. 

"Saya ingin menyampaikan beberapa penekanan kepada para peserta didik untuk dipedomani dan dilaksanakan. Yaitu tingkatkan terus keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa," kata Wakapolda Maluku, di Ambon, Selasa.

Ia juga meminta para siswa agar selalu disiplin dan patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, jangan kendor guna mencegah penyebaran COVID 19 di lingkungan Polri.

“Ikuti semua proses pendidikan dengan tekun, penuh semangat dan selalu riang gembira, serta tanamkan tekad dan motivasi yang kuat bahwa selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri,” ujarnya. 

Ia menambahkan, persiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan, hindari pelanggaran sekecil apa pun dan patuhi seluruh peraturan serta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga, sehingga dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik dan lancar.

Bangun komunikasi yang interaktif dan konstruktif antar sesama peserta didik, dengan pendidik, pelatih, pengasuh dan seluruh unsur pelaksana pendidikan, sehingga akan terjalin hubungan yang baik dan harmonis.

"Saya titipkan para peserta didik, agar dibentuk menjadi polisi sejati yang siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat. Agar senantiasa disiplin menerapkan protokol kesehatan, laksanakan tugas mulia untuk memberikan pelayanan pendidikan secara ikhlas dan penuh dedikasi," pinta Wakapolda.

Ia juga mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik pada program Diktuba dan Tamtama Polri gelombang I tahun anggaran 2023. 

“Selamat datang kepada siswa di lembaga pendidikan dan pelatihan Polri, tempat para peserta didik sekalian akan dididik, ditempa dan dilatih untuk menjadi insan Tribrata yang profesional, bermoral serta memiliki mental dan integritas yang baik,” ucapnya. 

 

Keberhasilan yang diraih ini, lanjutnya, merupakan berkah dan Karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, serta hasil dari perjuangan panjang dan buah dari ketekunan, keuletan, dan kesungguhan. Yang juga tentunya tidak lepas dari doa dan dukungan orang tua dan keluarga.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023