Minuman khas Sulawesi Selatan, es pisang ijo dan kelapa muda jadi kudapan favorit untuk pelepas dahaga saat berbuka puasa pada Ramadhan 1444 hijriah di Kota Ambon.

"Paduan manisnya susu, legitnya sirup merah, dengan fla khasnya serta pisang raja yang dibalut tepung masak berwarna hijau, ditambah es serut tidak ada duanya untuk berbuka," ujar salah satu warga yang membeli es pisang ijo di kawasan Batu merah, Sultan Ali di Ambon, Selasa.

Es pisang ijo terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Cara membuatnya dengan mengukus di dandang. Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau yang terbuat dari campuran air dengan daun suji atau pandan.

Di Makassar, es pisang ijo akan sering ditemui ketika bulan Ramadhan tiba, sebab menu pisang Ijo merupakan salah satu menu buka puasa favorit warga Makassar.

Namun menurut Sultan tak sulit untuk menemukan lapak yang menjual es pisang ijo di Kota Ambon apalagi di bulan suci Ramadhan seperti saat ini.

Bisa dikatakan pasar takjil dadakan tak lengkap jika tak ada penjual es pisang ijo di dalamnya.

"Memang sebelum puasa juga banyak yang jual es pisang ijo ini, tapi lebih nikmat saat berbuka puasa di bulan Ramadhan," katanya.

Harga es pisang ijo di Ambon saat bulan Ramadhan pun relatif murah dibanding sebelumnya.

"Karena banyak yang jual jadi kami jual murah saja mulai dari Rp5.000 untuk gelas kecil sampai Rp10.000 untuk gelas besar," ucap salah satu penjual es pisang ijo di Ambon, Wati.

Selain es pisang ijo, kelapa muda juga jadi primadona diantara minuman berbuka puasa lainnya di kota ini.

 

Penjual kelapa muda menjajakan dagangannya di emperan jalan Batu merah, Ambon. (Antara/DedyAzis)

Buah kelapa yang disusun di emperan jalan jadi pemandangan wajar di setiap sudut Kota Ambon saat bulan Ramadhan.

"Harganya cuma Rp10.000 per buahnya, bisa langsung bawa pulang atau dibelah dan dibungkus dulu," kata seorang penjual kelapa di Ambon, Mahmud.

Kata dia kelapa muda ini bisa langsung diberi gula cair dan es baru untuk diminum  atau diolah jadi berbagai macam minuman yang menyegarkan untuk berbuka.

"Kalau minuman pake air kelapa pasti segar apalagi saat berbuka puasa," katanya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023