Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 17 petinju putra maupun putri yang dijaring pengurus provinsi (Pengprov) Pertina Maluku sedang menjalani pemusatan latihan daerah (Pelatda) sebagai persiapan ke Pra PON di Mataram, Nusa Tenggara Barat ( NTB) pada 2 - 9 Oktober 2011.

Pelatih Pengprov Pertina Maluku, Teko Lewaherilla, di Ambon, Jumat, mengatakan, 17 petinju tersebut telah menjalani Pelatda sejak 10 Agustus hingga 30 September 2011.

17 petinju tersebut merupakan penjaringan dari hasil Pekan Olahraga Provinsi Maluku (POPMAL) II dan kejuaraan terbuka tinju amatir Piala Wali Kota Ambon IX yang penyelengaraannya pada 25 Juli - 2 Agustus 2011.

"Jadi 17 petinju terdiri dari 11 putra dan enam putri harus mengikuti seleksi yang dijadwalkan pada 17 September guna membentuk tim Pra PON Maluku ke Mataram," ujar Teko.

Seleksi harus dilaksanakan karena pada kelas tertentu terdapat dua hingga tiga petinju dijaring masuk Pelatda.

Dicontohkan pada kelas 49 Kg putra terdapat Demsi Tibalimeten, Ferismon Ngarbingan dan Veki Nanlohy, sedangkan di 51 Kg putri menempatkan Desi Ohoiulun dan Femy Benamen.

"Kami menargetkan 14 - 15 petinju diterjukan di Pra PON Mataram agar terbuka peluang meloloskan sebanyak atlet ke PON XVII di Riau pada 2012," kata Teko.

Dia mengakui tinju merupakan salah satu cabang olahraga andalan  Maluku untuk meraih medali di PON XVIII.

"Kami ( pengurus -pelatih - petinju) bertekad mengukir prestasi terbaik di PON XVIII nanti sehingga bisa mendukung perbaikan peringkat Maluku di pesta olahraga empat tahun sekali tersebut," ujar Teko Lewaherilla.

Maluku di PON XVII berhasil meraih tiga medali emas yang disumbangkan Welmi Pariama di kelas 54 Kg putri, David Isikiwar ( 69 Kg) putra dan Lowwijk Batlayeri ( 75 Kg) putra serta satu perunggu oleh Tina Penuri di kelas 46 Kg.

Pewarta:

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011