Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko menghadiri dan memimpin kegiatan puncak Penanaman Mangrove Nasional secara serentak tahun 2023 yang dilaksanakan di Pantai Desa Sidangoli, Pulau Halmahera.

Kabid Humas Kombes Pol. Michael Irwan Thamsil dihubungi, Selasa, mengatakan kegiatan Penanaman Mangrove Nasional 2023 ini dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Indonesia yang dipimpin oleh Presiden RI dari PIK (Pantai Indah Kapuk) dua. 

"Kegiatan Penanaman Mangrove ini merupakan program Inisiasi dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka rehabilitasi Hutan Mangrove," ujarnya. 

Kabid menjelaskan, untuk di wilayah Maluku Utara Penanaman Mangrove dilaksanakan di sembilan lokasi di  lahan seluas 9,2 hektare yang ditanami lebih kurang 8.950 pohon.

"Dengan dilakukannya penanaman mangrove ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem pantai, mencegah abrasi pantai serta kawasan mangrove juga dapat dikembangkan menjadi objek wisata," kata Kabid Humas.

Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan acara penanaman bibit pohon mangrove, foto bersama, dan dilanjutkan dengan Video Conference (Vicon) oleh seluruh tamu undangan.

Turut dalam kegiatan tersebut Kabinda Malut, Bupati Halbar, Para PJU Polda Malut, Kajari Halbar, Kasrem 152/ Babullah, Kasdim 1501/Ternate, Kapolres Halbar, Camat Jailolo selatan, Kapolsek Jailolo selatan, Kepala Desa Sidangoli Dehe, Perwakilan masyarakat dan mahasiswa serta Pemuda Karantina Sidangoli. 

Di hari yang sama, Komando Distrik (Kodim) 1508/Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) melakukan laksanakan penanaman mangrove nasional secara serentak jajaran TNI seluruh Indonesia yang dipimpin oleh Presiden RI  Joko Widodo melalui video conference. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023