Ambon (Antara Maluku) - Pengurus provinsi (Pengprov) Ikatan Motor Indoensia (IMI) Maluku menyertakan empat atlet di Pra PON yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Jakarta 12 - 13 November 2011.

Sekretaris Pengprov IMI Maluku, Polly Titaley, di Ambon, Senin, mengatakan, keempat atlet tersebut merupakan hasil penjaringan dari Pekan Olahraga Provinsi Maluku (Popmal) II di Ambon pada Februari 2011 maupun sejumlah event lainnya.

"Jadi atlet yang memiliki prestasi terbaik di sejumlah event dberangkatkan ke Pra PON dengan melalui seleksi ekstra ketat," ujarnya.

Keempat atlet tersebut adalah Akbar Said dari klub Tarawesi asal Pencab IMI Buru, Marlon Pieris, klub Ranalt ( Buru), gino Patiasina klub GRC ( Ambon) dan Riswan Taha, klub Erick Racing Team( Maluku Tenggara).

Mereka akan mengikuti kelas 110 CC dan 125 CC, baik perorangan maupun beregu.

Pengprov IMI sebelum menerjunkan para atlet ke Pra PON memprogramkan latihan di Surabaya, Jawa Timur selama tiga pekan. Di Surabaya mereka juga akan mengikuti kejuaraan Indo Prix sebagai ajang ujicoba menjelang terjun ke Pra PON.

Para atlet pada Senin (17/10) siang telah dilepas ke Surabaya dengan ketua kontingen Yani Tjowasi yang adalah Ketua Bidang Prestasi Pengprov IMI Maluku.

Polly tidak mau sesumbar soal prestasi di Pra PON karena terpenting harus ada atlet dari cabang olahraga otomotif tersebut berlaga ke PON XVIII yang penyelenggaraannya dijadwalkan di Riau pada 2012.

"Pembinaan cabang olahraga otomotif tersebut relatif baru diintensfikan kembali di Maluku sehingga soal target itu prinsipnya diusahakan oleh para atlet," ujarnya.

Pengprov IMI memotivasi para atlet agar menekuni latihan optimal di Surabaya agar saat berlaga di sirkuit Sentul, Jakarta bisa tampil prima.

"Para atlet juga termotivasi untuk lolos ke PON XVIII karena merupakan kebanggaan kepada mereka yang baru menekuni cabang olahraga otomotif tersebut," kata Polly.

KONI Maluku menargetkan pada PON XVIII berhasil meraih 10 medali emas agar bisa masuk peringkat ke-20.

Prestasi Maluku di PON XVII Kaltim berhasil menempati peringkat 20, naik dibandingkan dengan PON XVI yang hanya berada di urutan ke-26.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2011