Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Ambon, Provinsi Maluku, menyalurkan bantuan ikan cakalang beku kepada 400 keluarga kurang mampu di Desa Passo dan Negeri Lama, Kecamatan Baguala.

"Kami kembali menyalurkan bantuan ikan cakalang beku kepada 400 keluarga kurang mampu di Desa Passo dan Negeri Lama," kata Kepala dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon Febby Maail di Ambon, Maluku, Rabu.

Ia menyatakan tujuan pembagian ikan cakalang beku kepada warga adalah upaya memperkuat ketahanan pangan, khususnya protein hewani dari ikan dan membantu masyarakat miskin.

Bantuan juga sekaligus upaya pengendalian inflasi akibat harga ikan serta menolong keluarga mengatasi kasus kekerdilan melalui program Gemar Makan Ikan (Gemari Ikan).

"Salah satu penyebab terjadinya kekerdilan pada anak adalah kekurangan gizi, ikan memiliki banyak nutrisi, sehingga jika banyak dikonsumsi masyarakat, khususnya ibu-ibu hamil akan dapat menambah pemberian gizi bagi ibu dan anak," ujarnya.

Sebelumnya, DKP Ambon juga telah menyalurkan bantuan ikan segar kepada 487 kepala keluarga kurang mampu di Kecamatan Sirimau dan Nusaniwe.

Menurut Febby, menjelang hari besar keagamaan pihaknya juga melakukan operasi pasar murah ikan sebagai upaya menekan inflasi.

Dalam pelaksanaan pasar murah ikan tersebut, Pemkot Ambon memberikan subsidi selisih harga jual dari pelaku usaha kepada konsumen.

Komoditas ikan masuk dalam perdagangan lokal, sehingga menjelang hari besar keagamaan dilakukan antisipasi kenaikan harganya melalui pasar murah ikan.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023