Dinas Pariwisata (Dispar) Maluku akan meningkatkan fasilitas destinasi wisata Pantai liang, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kadispar Maluku, Meykal Pontoh mengatakan  tujuan dari pembaharuan destinasi wisata Pantai Liang tidak lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Liang juga nanti ditingkatkan, kita buat inovasi baru. Jadi tidak hanya ada rujak, kelapa muda atau kuliner saja, tapi juga griya, kriya, mode dan obyek fotografi," kata Meykal di Ambon, Sabtu.

Menurutnya, selama ini objek wisata Pantai Liang menjadi lokasi favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara di Maluku.

Selain air lautnya yang bersih dengan pasir putih, lokasinya juga luas dan sejuk dengan banyak pepohonan rindang.

Pengunjung pun bisa menikmati rujak, kelapa muda dan sejumlah kuliner lainnya. Lokasinya pun mudah dijangkau baik dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Tapi kalau dibuat lagi griya, kriya, obyek fotografi dan ekonomi kreatif lainnya, maka itu akan lebih memikat banyak pengunjung untuk datang kesana," ujarnya.

Selain itu, Meykal mengatakan saat ini Dispar Maluku terus meningkatkan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota perihal lokasi mana saja yang menjadi destinasi wisata unggulan di daerahnya.

Karena dengan begitu, Dispar akan mengupayakan untuk berkoordinasi ke Pusat sehingga lokasi wisata unggulan tersebut dapat lebih ditingkatkan.

"Harus berani untuk promosikan wisata-wisata unggulan. Kalau misalnya ada bantuan dan wisata itu ditingkatkan, maka ini juga akan meningkatkan ekonomi pelaku UMKM di sekitar lokasi wisata tersebut,” ucap Meykal.*

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023