Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara memastikan pengerjaan  pembangunan dermaga Pelabuhan Hiri yang menelan biaya Rp2,9 miliar akan segera dirampungkan pada tahun ini.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ternate  Rus'an M.Nur Thaib dihubungi, Selasa  mengatakan pihaknya berkomitmen untuk  segera menyelesaikan pembangunan dermaga Pelabuhan Hiri. 

"Kami  bersama tim teknis dari akademisi Unkhair telah merekayasa metode pelaksanaan  dermaga Pelabuhan Pulau Hiri, namun  karena  masyarakat setempat meminta dibangun di lokasi awal pihaknya akhirnya menyetujui," ujarnya.

"Pemerintah kota Ternate telah setuju dan menandatangani MOU yang dituangkan dalam nota kesepahaman bersama pembangunan pelabuhan Hiri mengacu pada desain awal," kata dia lagi 

Ia mengakui keterlambatan pembangunan dermaga Pelabuhan Hiri di Sulamadaha terganjal masalah cuaca karena  ombak cukup kuat sehingga  harus melibatkan  ahli desain di bidangnya sehingga dermaga dapat bertahan lama.

Dia menyampaikan ada  tetrapod yang harus disiapkan dalam proses pembangunan pelabuhan Hiri , karena tetrapod merupakan struktur dalam bidang teknik pantai yang digunakan untuk mencegah terjadinya erosi akibat cuaca.

"Struktur ini memiliki fungsi utama untuk memperkuat struktur pantai tembok laut dan pemecah gelombang," ujarnya.

Menurut Rus'an,  pihaknya juga telah melakukan telaah bersama Unit Layanan Pengadaan (ULP) pada 20 Mei 2023  dan sekarang sudah dalam  proses  lelang pekerjaan fisik  serta memastikan target sesuai standar pelelangan.

"Ini membutuhkan waktu lebih kurang satu setengah bulan untuk menyusun dokumen serta rencana dan menetapkan besaran nominal jaminan penawaran sesuai ketentuan," katanya.

Sedangkan kontrak pekerjaan fisik akan dimulai pada awal  Juli 2023 dengan lamanya pekerjaan lebih kurang lima bulan dan diharapkan Desember 2023 selesai, namun pekerjaan akan berlanjut sampai tuntas pada tahun 2024.

Ia memastikan saat  pekerjaan berlangsung tidak akan  menghalangi aktivitas masyarakat yang menggunakan kapal motor.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023