Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Kodim 1504 Ambon membangun lapangan voli untuk masyarakat Pulau Haruku, Maluku untuk menunjang kesehatan jasmani masyarakat setempat.

"Hari ini kami memulai pengukuran untuk pembangunan sarana olahraga lapangan bola voli untuk masyarakat di Negeri Pelauw dan Negeri Kariu, Kec. Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah," ujar Dandim 1504 Ambon Letkol Arh Tengku Sony Sonatha melalui keterangan tertulis yang diterima di Ambon, Sabtu.

Pembangunan lapangan voli juga merupakan salah satu program kerja dalam Operasi teritorial (Opster) TNI di Pulau Haruku.

"Kalau masyarakat punya sarana olahraga maka masyarakat akan termotivasi untuk rajin berolah raga, resiko gangguan kesehatan (penyakit) menjadi lebih kecil," kata dia.

Pengukuran lokasi untuk pembangunan lapangan volly di Pulau Haruku Maluku (Antara/HO-Pendim)

Menurutnya lapangan voli itu dibangun di masing-masing sasaran yang sudah direncanakan yakni di Negeri (desa) Pelauw dan Negeri Kariu.

"Ini sesuai dengan tujuan dari program Opster TNI yaitu membangun masyarakat secara menyeluruh, baik dari segi pembangunan fisik maupun pembangunan karakter. Seperti sebuah pepatah Mensana In Corpore Sano yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," katanya.

Ia menambahkan olahraga sendiri dapat membangkitkan jiwa Nasionalisme yakni menumbuhkembangkan sikap keberanian, semangat juang, sportifitas, profesionalitas, yang bermuara kepada persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023