Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar operasi lalu lintas dengan sandi Patuh Salawaku Tahun 2023 mulai 10 - 23 Juli 2023 sebagai upaya menurunkan angka pelanggaran.

Kapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif mengatakan, operasi Patuh Salawaku bertujuan untuk cipta kondisi Kamseltiblancar Lantas atau Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas.

“Operasi Patuh Salawaku 2023, lanjut Kapolda, bertujuan untuk menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lalu Lintas, dan korban fatalitas,” kata Kapolda, di Ambon, Senin.

Operasi Patuh juga merupakan rangkaian dari pelaksanaan hari Bhayangkara ke-77 tahun 2023, yang akan bergulir selama 14 hari ke depan.

Sebagai konsekuensi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat transportasi sebagai sarana mobilitas dalam memenuhi kebutuhan hidup, Kapolda mengaku permasalahan itu membutuhkan peran serta semua pemangku kepentingan.

Ini diharapkan agar mampu meningkatkan kampanye Kamseltiblancar Lantas, serta perlu adanya koordinasi antar lembaga/pemerintahan lainnya.

Operasi lalu lintas ini juga diharapkan dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu Lintas.

"Operasi Patuh Salawaku 2023 ini juga merupakan jenis operasi Harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan edukatif dan persuasif serta humanis, yang didukung penegakan hukum lalu lintas secara elektronik," katanya.

Kepada para personel Polri yang menjalankan operasi Patuh Salawaku, agar dapat melakukan berbagai langkah seperti deteksi dini, penyelidikan dan pemetaan terhadap lokasi atau tempat pelaksanaannya.

"Laksanakan bimbingan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang kamseltiblancar lantas," pintanya.

Irjen Latif juga berharap agar bisa memberikan edukasi dan membangun kesadaran masyarakat untuk tertib lalu lantas.

"Laksanakan penegakan hukuman secara elektronik (statis dan mobile) serta teguran subjektif dan humanis. Lakukan counter opini terhadap berita hoaks di medsos, serta bangun sinergitas yang baik dengan unsur TNI dan stakeholder terkait," ajak Kapolda.

Untuk diketahui, dalam apel gelar pasukan operasi Patuh Salawaku 2023, turut dihadiri Wakapolda Maluku Irjen Pol. Lotharia Latif, serta para pejabat utama Polda Maluku dan Kapolresta Ambon, maupun instansi terkait seperti Polisi Militer dari TNI, Jasa Raharja Maluku, dan Dinas Perhubungan Maluku.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023