Pemprov Maluku memberikan Penghargaan Adiwiyata untuk sejumlah sekolah di provinsi itu karena dinilai berhasil melaksanakan Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

"Adapun delapan sekolah yang berhak menerima Penghargaan Adiwiyata Provinsi tahun 2023, yakni SD Negeri Tiakur, SD Negeri Tual, SD Negeri 20 Tual, SD Negeri 33 Tual, SD Negeri 23 KotaTual, SMP Negeri 2 Kota Tual, SMP Negeri 2 Kota Tual, SMP Kristen Kota Tual, dan SMP Negeri 1 Kota Tual," kata Gubernur Maluku Murad Ismail di Ambon, Selasa.

Penghargaan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku nomor 468 tahun 2023 yang diberikan Gubernur pada puncak perayaan Hari Lingkungan Hidup sedunia 2023.

Kedelapan sekolah tersebut menerapkan budaya cinta lingkungan disesuaikan dengan kearifan lokal, seperti menanamkan nilai-nilai kecintaan pada laut dan pantai serta program-program di luar ruangan yang membuat siswa bersentuhan langsung dengan alam.

Gubernur menjelaskan bahwa Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota kepada sekolah yang berhasil melaksanakan Gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah.

"Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang berhasil melaksanakan aksi kolektif secara sadar, sukarela, berjenjaring dan berkelanjutan dalam menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup," katanya menjelaskan.

Selain itu pada kesempatan yang sama Gubernur Maluku juga memberikan program prioritas yang merupakan Program penilaian kinerja perusahan dalam mengelola Lingkungan Hidup yang merupakan instrumen evaluasi ketaatan dan kinerja penanggungjawab usaha.

Progam prioritas dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan peran perusahaan dalam melakukan pengelolaan sekaligus menimbulkn efek stimulant dalam pemenuhan peraturan lingkungan dan nilai tambah terhadap pemeliharaan sumber daya alam, konservasi energi dan pengembangan masyarakat.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023