Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menerjunkan sebanyak 35 personel untuk mendukung pelaksanaan operasi patuh Kie Raha 2023 bersama Satlantas Polres Ternate. 

Kepala Dishub Kota Ternate Mochtar Hasim dihubungi di Ternate, Sabtu menyatakan untuk mendukung pelaksanaan operasi patuh Kie Raha 2023 di wilayah hukum Kota Ternate pihakya  menyiagakan 35 personel  terdiri dari 5 petugas administrasi dan 30 petugas lapangan bersama anggota Satlantas Polres Ternate.

Mochtar menyebutkan, para petugas lapangan, baik dari Dishub dan Satlantas Polres Ternate selain melakukan penegakan hukum juga akan melakukan penertiban lewat edukasi, teguran dan imbauan serta sosialisasi kepada pengendara.

"Intinya menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas lebih patuh dan tertib," ucap Mochtar.

Dia menyebut, ada sejumlah sasaran dalam operasi patuh Kie Raha 2023 di wilayah hukum Kota Ternate dan petugas akan melakukan penindakan hukum kepada pengendara kendaraan sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu penumpang, kendaraan roda empat tidak laik jalan, kendaraan tidak dilengkapi dengan STNK, melanggar marka jalan, kendaraan memakai rotator atau sirine yang bukan peruntukannya dan penertiban plat nomor.

"Sedangkan untuk kendaraan penumpang umum maupun kendaraan barang, petugas akan memeriksa kelengkapan dokumen termasuk dokumen kir, sehingga jika ditemukan langsung ditindak," tegasnya.

Mochtar mengimbau   pemilik kendaraan baik kendaraan umum maupun angkutan barang agar menyiapkan berbagai dokumen administrasi uji termasuk kendaraan dengan plat nomor dari luar Malut.

"Untuk kendaraan barang itu kami ingatkan agar menyiapkan dokumen administrasi uji," imbau Mochtar.

Ia mengingatkan kepada para pengendara agar tidak parkir kendaraan di kawasan larang parkir dan tidak menerobos jalur-jalur larangan.

Sebelumnya, Polda Malut menggelar apel pasukan Operasi Patuh Kieraha  2023  pada 10-23 Juli untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan terwujudnya situasi kamseltibcar lantas yang aman, nyaman dan kondusif

Irwasda Polda Malut Kombes Pol. Marthin Luther Hutagaol dihubungi menyatakan, operasi ini bersifat cipta kondisi kamseltibcarlantas yang kondusif usai hari bhayangkara  2023 dengan tujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib, patuh dan disiplin dalam berlalu lintas.

Selain itu, ada empat sasaran yang menjadi target operasi yakni pertama yakni berkurangnya jumlah kecelakaan lalu lintas beserta korban fatalitas, berkurang angka pelanggaran lalu lintas, kemudian meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas dan yang keempat  terwujudnya situasi kamseltibcar lantas yang aman, nyaman dan kondusif.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023