Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Maluku Utara (Malut) dan Fakultas Kedokteran Universitas Khairun (Unkhair) Ternate menjalin kerja sama yang antara lain untuk mendukung percepatan penurunan stunting di daerah tersebut.

"Lewat kerja sama ini diharapkan kepada para mahasiswa fakultas kedokteran dapat menerapkan ilmunya dalam membantu program penurunan Stunting di Indonesia pada umumnya dan di Provinsi Malut pada khususnya," kata Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Malut Nuryamin dihubungi di Ternate, Selasa.

Dia menyebut kerja sama ini dituangkan melalui Pengaturan Pelaksanaan Kerja Sama atau Implementation of Agreement, sebagai usaha untuk mendukung Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) di BKKBN.

Ia menyampaikan ke depan mahasiswa FK Unkhair dapat melaksanakan kuliah kerja praktik (KKP) atau Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Malut sehingga mereka dapat mengembangkan ilmu yang diperoleh di kampus dan mentransfer ilmu mereka dengan mengangkat isu-isu terkini, terutama terkait dengan penanganan stunting.

Kegiatan penandatangan kerja sama dilanjutkan dengan penyerahan bantuan "obgyn bed" dan Intrauterine Device (IUD) atau KB spiral serta implan, guna mendukung kegiatan perkuliahan mahasiswa fakultas kedokteran, terutama terkait dengan pemasangan alat kontrasepsi itu.

Dia mengharapkan kerja sama yang baik oleh kedua pihak itu meningkatkan keterampilan lulusan FK Unkhair dalam pelayanan KB yang berkualitas, antara lain terkait dengan konseling dan pemasangan implan dan IUD.

Hadir pada kegiatan itu, antara lain Kepala Bidang Keluarga Berencana Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Ternate Mimi Ummu Halimah Rahman didampingi Kepala Seksi Pelayanan Rusni Salasa dan Ketua Kelompok Kerja Kesehatan Reproduksi Perwakilan BKKBN Provinsi Malut Masita A. Minangkabau.

Penandatanganan kerja sama kedua pihak terkait dengan peningkatan kesehatan reproduksi melalui pendidikan, pelatihan, penelitian, dan pengabdian masyarakat tersebut, oleh Kepala Perwakilan BKKBN Malut Nuryamin, sedangkan pihak FK Unkhair Ternate diwakili Wakil Dekan I dr. Dewi Darmayanti dan Wakil Dekan III dr. Fera The.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023