Dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78  Republik Indonesia Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara menggelar kirab merah putih. Rombongan kirab di pimpin langsung oleh Bupati M. Thaher Hanubun  mengelilingi wilayah Pulau Kei Besar dan Kei Kecil Maluku Tenggara. 

Bupati Thaher, menegaskan, maksud dari kirab Merah Putih ini adalah untuk membangkitkan semangat nasionalisme warga untuk mengibarkan bendera merah putih menjelang detik-detik Proklamasi 17 Agustus 2023.

"Dalam kirab merah putih ini, akan melibatkan seluruh elemen masyarakat Malra dengan tujuan  memberikan semangat dan jiwa kebangsaan agar tertanam dalam jiwa masyarakat serta tertanam jiwa patriotisme kebangsaan, cinta merah Putih bagi masyarakat utamanya di daerah tertinggal khususnya Kei Besar, ujar Thaher saat rapat bersama Forkopimda dan OPD, di Langgur (9/8/2023).

Lebih lanjut di katakan, terlepas dari keterlibatan masyarakat, kirab merah putih ini akan melibatkan unsur Pemerintah, TNI dan Polri Pemerintah Ohoi/Desa, serta seluruh komponen masyarakat yang berada dalam lingkup Pemerintah Kabupaten Malra.

Sesuai rencana peserta kirab ini akan di lepas oleh Bupati Thaher dengan lokasi start dari Ohoi/desa Ohoiraut Kecamatan Kei Besar Utara Timur,(12/8/2) dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat Ohoi/desa setempat.

Adapun peserta kirab akan melalui rute Ohoi Haar Ohoimel, Haar Ohoiwait, Haar Wasar, Ohoi Ur. Selanjutnya, peserta kirab berkendaraan motor bergerak menuju Ohoi Ohoimejang, Ohoi Renfaan, Ohoi Tuburlay, Ohoi Banda Ely (Ohoi Fanwav Bergabung di Ohoi Banda Ely), Ohoi Banda Ui – Ohoi Banda Efruan – Ohoi Watlaar, dan Ohoi Ohoifaruan.

Kemudian Ohoi Ohoifau, Ohoi Hollat (peserta beristirahat sejenak di Ohoi Hollat), dan melanjutkan perjalanan ke Ohoi Hoko, Ohoi Hollay, Ohoi Ohoiwirin Ohoi Tuburngil, Ohoi Kilwair, Ohoi Yamtimur ,Ohoi Reyamru, Ohoi Fako, dan Elat.

“Untuk kegiatan kirab hari Sabtu di Kecamatan Kei Besar Utara Timur. Lokasi terakhir adalah Ohoi Elat. Peserta akan menginap di Elat,” ujar Thaher.

Bupati menambahkan, kirab di Kecamatan Kei Besar Utara Barat dilaksanakan usai kebaktian Minggu (13/8/2023). Di mulai dari Elat Menuju Hoor Islam. Setibanya di Hoor, rombongan kirab berkendaraan motor bergerak dari Ohoi Hoor melintasi Ohoi Laar,  Ohoiwab, Ad Ngurwul, Ad Weraur, Mun Werfan, Mun Ngurditwain, Mun Kahar, Mun Ohoiir, Uwat Reyaan, Uwat Air, Uwat Ngurwalek, Hangur, Ohoituf, Faa, Dangarat, Weer Frawaf, Weer Ohoiker, Weer Ohoinam, Ngat, Sirbante, Watsin, Elralang, Bombay, Wearmaf,  Soinrat, Ngurdu, Wakol, Wakatran,  Depur, dan  Elat.

Lanjutnya lagi, kirab di Kecamatan Kei Besar dilaksanakan Senin (14/8/2023) yang dimulai dari ohoi Elat menuju Ohoi Ohoiel. Di Ohoiel, rombongan kirab berkendara motor ke Ngefiut – Ngefuit Atas , Waur, Ohoiwang, Fangamas, Ohoinangan, Wulurat, Waurtahit,Yamtel,Nabaheng, Ohoilim,Rahareng, Daftel, Karkarit, Ler Ohoilim, Udar, Harangur, Werka, Wetuar, Ohoiwait –Mataholat. Peserta kirab menginap di Ohoi Mataholat.

Kegiatan kirab di Kecamatan Kei Besar Selatan dan Selatan Barat dilaksanakan Selasa (15/8/2023). Peserta Kirab Bergerak dari Mataholat Menuju Ohoirenan. Setibanya di Ohoirenan, rombongan berkendara motor bergerak dari Ohoirenan, melintasi Ohoi Nerong, Larat, Tamangil Nuhuten, Weduar, Tutrean, Sather, Kilwat, Weduar Feer, Rahangiar, Feer, Sungai Ngafan, Soindat dan Tamangil (Pantai wisata We).

Selanjutnya rombongan menyeberang menggunakan speedboat menuju Kei Kecil Timur. Rombongan pembawah bendera belok menuju Ibra di sambut rombongan Kecamatan Kei Kecil selanjutnya bendera di arak dengan kendaraan menuju ke Ngabub – Semawi – Wain. 

Di daratan Pulau Kei Kecil, kirab merah putih dimulai dari Ohoi Wain, Rabu (16/8/2023). Dari Ohoi Wain, Peserta Kirab bergerak menuju Ohoi Iso, Disuk, Revav, Rumaat, Raat, Watngon, Kamear, Yavafun, Tenbuk, Denwet,  Mastur, Elaar, Danar, Ohoidertutu, Matwair, Somlain, Ohoiren, Ohoira, Wab, Tetoat dan menyeberang menuju Dian Pulau.

Setibanya di Dian Pulau, peserta kirab dijemput oleh Kelompok Gowes, selanjutnya Peserta Kirab bergerak menuju Ohoi Ewu, Letvuan, Dian Darat, Rumadian, Debut, Namar, Ngilngof,  Ohoidertawun, Dunwahan, Sitniohoi, Letman, Kelanit, Loon, Kolser, Kelurahan Ohoijang Watdek,  Langgur, Wearlilir, Faan, Sathean, Jalan Poros Bandara. Selanjutnya di Jemput oleh TNI-POLRI untuk di arak menuju finis di Kantor Bupati Maluku Tenggara."Untuk suksesnya giat kirab merah puti ini, saya berharap adanya dukungan dan partisipasi seluruh masyarakat Malra,"pintanya. (DS)

Pewarta: Relis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023