PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Masohi mengedukasi pemanfaatan listrik yang aman dan produktif bagi masyarakat di Kecamatan Teor, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Provinsi Maluku.

General Manajer PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Awat Tuhuloula  di Ambon, Senin, mengatakan program edukasi bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya penggunaan listrik aman.

Selain itu, melalui kegiatan tersebut, wawasan masyarakat tentang berbagai manfaat dapat diperoleh dari penggunaan listrik yang produktif.

"Kami berkomitmen untuk memberikan edukasi yang komprehensif kepada masyarakat tentang pentingnya listrik yang aman dan produktif. Melalui program sosialisasi ini, kami berharap dapat menciptakan kesadaran yang lebih tinggi dan mendorong pemanfaatan listrik yang cerdas dan bertanggung jawab," katanya.

PLN katanya, memberikan pelatihan dan sesi informasi kepada masyarakat terkait langkah yang perlu diambil saat memasang instalasi listrik baru.

Penekanan diberikan pada keamanan dalam penggunaan listrik, pemilihan peralatan yang berkualitas, dan pentingnya menjaga peralatan listrik agar tetap dalam kondisi baik.

Selain itu, PLN juga memberikan informasi tentang cara efektif memanfaatkan listrik untuk meningkatkan produktivitas di berbagai sektor.

“Sosialisasi ini memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pemanfaatan peralatan listrik yang tepat guna, termasuk penggunaan peralatan hemat energi, praktik efisiensi energi, dan keuntungan bisnis yang dapat diperoleh melalui pemanfaatan listrik yang produktif,” ujarnya.

Kepala Kampung Desa Rumoy, Sepi Kolatlena mengatakan, sosialisasi yang dilakukan PLN sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk memahami bagaimana cara memanfaatkan listrik secara aman dan benar.

"Masyarakat yang mengikuti program sosialisasi merespons positif karena menyadari pentingnya penggunaan listrik yang aman dan efisien, selain itu manfaat penggunaan peralatan listrik yang tepat guna dalam meningkatkan kualitas hidup dan daya saing bisnis," katanya.

Staf perencanaan PLN Up3 Masohi, Jhon Tentua menambahkan program sosialisasi akan terus dilakukan PLN dengan melibatkan lebih banyak komunitas, Perusahaan, dan Institusi.

Melalui kolaborasi dan kerjasama yang erat, PLN berharap dapat menciptakan perubahan positif dalam pemanfaatan listrik dan meningkatkan produktivitas serta kualitas hidup masyarakat.

"Program sosialisasi pasang baru dan pemanfaatan listrik aman dan produktif, diharapkan masyarakat dapat mengoptimalkan penggunaan listrik dengan cara yang efisien, bertanggung jawab, dan memberikan manfaat maksimal bagi perkembangan individu dan komunitas," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023