Ambon (Antara Maluku) - Wali kota Ambon, Richard Louhenapessy melantik dan mengambil sumpah 25 orang pejabat eselon II dan III di lingkup Pemkot setempat.

"Pelantikan dan mutasi ini merupakan bagian dari promosi dan penjenjangan karir pegawai negeri sipil," kata Richard Louhenapessy pada acara pelantikan di Ambon, Jumat.

Wali kota mengakui kebijakan tersebut diambil setelah dirinya bersama Wakil Wali kota Ambon, Sam Latunconsina melakukan pemantauan kinerja para pegawai di lingkup Pemkot Ambon.

"Setelah kami pelajari kapasitas dan pahami kinerja dan loyalitas seluruh staf, barulah kami ambil langkah untuk mengoptimalisasi kinerja," katanya.

Ia juga menyatakan pejabat eselon II dan III yang dilantik telah melalui proses seleksi uji kompetensi dan masukan dari Badan Pertimbangan Jabatan (Baperjakat).

Richard menegaskan, kebijakan optimalisasi itu harus dilakukan mengingat beberapa tenaga produktif yang saat ini bertugas telah memasuki masa pensiun.

"Jadi dibutuhkan peremajaan tenaga, tapi yang pasti staf yang dipromosi telah teruji kualitas dan kapasitasnya," ujarnya.

Menurut Richard, pejabat SKPD ditunjuk juga berdasarkan asas kepatutan dan kepantasan untuk menerima jabatan dalam tugas dan tanggung jawab.

Pemimpin SKPD, katanya, harus memiliki konsep terhadap unit kerja yang dipimpin, komitmen dengan sumpah dan janji yang diucapkan, konsisten dalam bersikap sebagai pemimpin dan memiliki hubungan kemitraan.

"Saudara-saudara yang dilantik gunakan waktu yang baik untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, selanjutnya rancang konsep pembangunan sesuai ruang lingkup kerja," kata Louhenapessy.

25 pejabat yang dilantik terdiri dari 13 orang pejabat eselon II, di antaranya Asisten I Pemerintahan dijabat oleh Jopie Tepalawatin, sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Asisten II Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat dijabat Pieter Saimima yang sebelumnya Kadis Kelautan dan Perikanan, Asisten III dijabat Romeo Soplanit yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Kepegawaian.

Kepala Dinas Kesehatan dijabat Zubaedah Theresia, Kadis Sosial dijabat Wa Ode Muna, Kepala Badan Inspektorat dijabat Jacky Talahatu.

Sedangkan 12 pejabat eselon III di antaranya Paulus Lekatompessy menjabat Sekretariat Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Ambon, Joy Adrian menjabat Kabag Humas dan Protokoler, Richard Luhukay menjabat Camat Leitimur Selatan.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012