Ambon (Antara Maluku) - Maskapai penerbangan Sriwijaya Air menambah penerbangan ekstra ke Ambon, mengantisipasi lonjakan penumpang kontingen Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XXIV di Ambon pada 8 Juni 2012.

"Kami akan menambah penerbangan ekstra apabila nantinya terjadi lonjakan penumpang saat menjelang dan akhir pelaksanaan MTQ di Ambon," kata Manager Sriwijaya Air Cabang Ambon, Taib Besugi, di Ambon, Senin.

Sriwijaya Air akan menambah penerbangan ekstra di semua rute penerbangan yang dilayani oleh maskapainya, yakni Ambon, Makassar, Jakarta, Surabaya, Solo, Jogjakarta, Banjarmasin, dan Balik Papan.

"Kami melayani penerbangan dari Ambon ke berbagai kota setiap harinya. Biasanya untuk penumpang yang berangkat ke luar Maluku akan diberangkatkan via Makassar, begitu sebaliknya," ucapnya.

Menurut Besugi, penambahan jadwal penerbangan harus dilakukan, karena pesawat terbang milik Sriwijaya Air yang beroperasi di Ambon hanya mampu mengangkut 100 hingga 200 penumpang.

"Kami sangat mendukung pelaksanaan MTQ di Ambon, untuk itu kami akan menambah jam penerbangan agar bisa melayani kedatangan dan kembalinya para kontingen maupun kafilah dengan baik," ucapnya.

Besugi memprediksikan, lonjakan penumpang dari berbagai daerah ke Ambon akan terjadi pada dua hari menjelang pelaksanaan MTQ, dan sehari selesai pelaksanaan kegiatan lomba baca Quran tersebut.

Saat terjadi lonjakan penumpang, harga tiket pesawat terbang cenderung meningkat tajam, bahkan bisa melewati batas maksimum.

"Biasanya kalau terjadi lonjakan penumpang, harga tiket pesawat juga meningkat, tapi kami tergantung ketentuan dari Jakarta," ucapnya.

Besugi menyarankan, bagi penumpang yang ingin berangkat menuju Ambon, begitupun sebaliknya dengan menggunakan jasa maskapai penerbangan, agar memesan tiket jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan MTQ, karena akan terjadi kepadatan penumpang.

"Sebaiknya masyarakat yang berencana melakukan perjalanan ke sini ataupun sebaliknya saat jelang maupun akhir MTQ, sudah harus memesan tiket sejak jauh-jauh hari agar bisa mendapatkan yang lebih murah," ucapnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012