Kepolisian Resort (Polres) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Maluku meminta  para pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di daerah itu meningkatkan kedisiplinan berlalu lintas sejak dini. 

“Kepada para pelajar untuk dapat membangun kesadaran berlalu lintas serta tingkatkan kedisiplinan sejak dini baik secara personal maupun secara organisasi,” kata Kapolres Buru Selatan AKBP M Agung Gumilar di  Ambon, Senin.

Hal ini disampaikan saat Polres Bursel melaksanakan kegiatan Police Goes to School atau Polisi Pergi ke Sekolah bertempat di SMU Negeri 07 Namrole, dalam rangka Operasi Simpatik Salawaku 2023. 

Ia menyampaikan  saat ini, permasalahan lalu lintas telah berkembang pesat dan dinamis sehingga jumlah kendaraan terus meningkat. 

Berdasarkan data sejak Januari hingga Agustus 2023 jumlah angka pelanggaran yang dilakukan oleh kalangan pelajar berjumlah 332 orang dan jumlah kecelakaan lalulintas yang melibatkan pelajar sebanyak 22 orang. 

“Sehingga kami memerlukan penanganan secara profesional dan komprehensif,” ujarnya.

Gumilar berharap para pelajar untuk dapat menjadi mitra kepolisian dalam terus membangun kesadaran berlalu lintas serta bekerja sama untuk meningkatkan kedisiplinan. 

“Kami harap para pelajar bisa menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” harap Gumilar.

Saat ini Polres Bursel juga telah melaksanakan Operasi Simpatik Salawaku 2023 yang digelar pada 21 - 30 Agustus 2023 dengan tema “Sadar berlalu lintas Sumbangsih Keselamatan Bangsa”.

Operasi tersebut dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan-kegiatan Preemtif, Preventif dan Edukasi kepada masyarakat dengan memberdayakan fungsi pendidikan masyarakat (Dikmas) Lantas.

 Kepolisian Daerah (Polda) Maluku menggelar Operasi Simpatik Salawaku 2023 sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas  di jalan raya pada  wilayah itu.

Pelaksanaan Operasi Simpatik Salawaku 2023  bertujuan  menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan.

Melalui penyelenggaraan Operasi Simpatik Salawaku 2023   diharapkan dapat  meningkatkan disiplin dan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi keamanan berlalu lintas secara optimal serta menurunnya angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, kata dia, terciptanya kepuasan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan tertib dalam berlalu lintas, menurunnya angka pelanggaran yang akan diimbangi dengan jumlah kecelakaan lalu lintas.

 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023