Ambon (Antara Maluku) - DKI Jakarta dan Jawa Timur merupakan dua kontingen terakhir yang dijadwalkan tiba di Kota Ambon, Maluku pada Kamis, untuk mengikuti Musabaqah Tiwalatil Qur'an Nasional (MTQN) XXIV, 8-15 Juni 2012.
 
Ketua Pelaksana Harian Panitia Daerah MTQN XXIV , Rahman Soamena, mengatakan, dua kafilah tersebut dijadwalkan tiba dengan penerbangan Kamis siang.

"Jadi 33 Provinsi siap mengikuti MTQN XXIV yang akan dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Ambon pada Jumat (8/6) malam, sekitar pukul 20.00 WIT," ujarnya.

Sedangkan Wapres Boediono dijadwalkan menutup MTQN XXIV di Ambon pada 15 Juni.

Kafilah DKI Jaya maupun Jawa Timur mengikuti semua mata lomba dengan masing - masing menerjunkan 42 kafilah.

Sedangkan 30 kafilah dari provinsi lainnya telah tiba sejak 1 Juni hingga Rabu petang.

Bali merupakan kontingen pertama yang tiba di Ambon dan siap menerjunkan 22 kafilah di empat mata lomba.

Kontingen dari Jawa Barat bertekad mempertahankan juara umum MTQN yang diraih pada acara serupa ke- 23 di Bengkulu pada 2010.

Sedangkan Jambi juga bertekad menjuarai Pawai Taaruf MTQN yang di Ambon akan dilepas  Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Pusat, Abdul Jamil, Kamis(7/6) siang.

MTQN XXIV tingkat Nasional memperlombakan enam cabang yakni Tilawatil Qur'an, Hifzil Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khattil Qur'an dan menulis kandungan Al Qur'an.

Untuk cabang Tilawatil Qur'an dibagi enam golongan mata lomba, yakni Tartil Qur'an anak-anak, remaja, dewasa, cacat netra dan golongan sabba.

Cabang Hifzil Qur'an terdiri atas lima jenis lomba, masing-masing satu juz dan Tilawah, lima juz dan Tilawah, 10 juz, 20 juz dan 30 juz.

Pewarta: Lexy Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012