Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan sosialisasi terkait pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) bagi siswa/siswi di Kota Ambon, Provinsi Maluku.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Makanya personel Direktorat Binmas Polda Maluku mengunjungi dan menyapa para siswa di Ambon,” kata Kasubdit Polmas Ditbinmas Polda Maluku Kompol Hendrikus Rumsory, di Ambon, Selasa.

Dia mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan melalui Operasi Bina Waspada 2023, di antaranya melakukan kunjungan di dua SMA Negeri 13 dan SMA Negeri 5 Ambon, pada Senin (4/9)

Menurut dia, siswa/siswi ini diminta untuk dapat berperan aktif dalam menjaga kamtibmas, dengan cara melibatkan diri pada berbagai kegiatan positif dan dapat bermanfaat pada diri sendiri, bahkan bisa memberikan berkontribusi positif kepada sekolah dan tanah air.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, kata dia, personel Polda Maluku juga meminta seluruh siswa agar selalu selektif dan berhati-hati dalam pergaulan.

"Para siswa diharapkan tidak bergaul dengan orang yang baru dikenal, dan dapat mencari teman sebaya yang berperilaku baik. Hal ini dilakukan agar mereka tidak terpengaruh pergaulan bebas yang mengarah pada perilaku dan tindakan tercela, bahkan bisa melanggar hukum," ujarnya.

Dia juga berharap para siswa agar dapat meningkatkan keimanan dan kesadaran diri, sehingga dapat terhindar dari pengaruh paham radikal, intoleran dan anti Pancasila.

"Kita ketahui bersama bahwa sampai saat ini kelompok radikalisme dan intoleransi masih terus mengembangkan paham mereka di tengah masyarakat agar mereka bisa mendapatkan kader baru," katanya.

Ia mengatakan, dengan kemajuan teknologi saat ini, para kelompok radikalisme yang anti Pancasila itu pun mengembangkan pemahaman mereka melalui media sosial, dan mereka mampu mendoktrin paham mereka kepada orang-orang yang menjadi target di media sosial.

"Saya harap adik-adik semua bisa tetap waspada dan dapat mencegah paham radikal dan intoleransi karena dengan demikian maka ruang gerak mereka bisa dipersempit," ujarnya.

Operasi Bina Waspada merupakan operasi kewilayahan yang digelar oleh seluruh Polda di Indonesia selama 14 hari. Untuk wilayah Maluku Operasi Bina Waspada telah dilaksanakan sejak 1 - 14 September 2023.
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023