Ternate (Antara Maluku) - Bandara Pitu Daruba, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), mulai Agustus 2012 sudah bisa didarati pesawat berbadan lebar, karena pada bulan itu proyek pengerjaan peningkatannya dipastikan rampung.

"Proyek peningkatan Bandara Pitu kini dalam pengerjaan dan dipastikan Agustus mendatang sudah rampung, sehingga pesawat berbadan lebar sudah bisa mendarat," kata Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Malut, Taufik Madjid di Ternate, Senin.

Pengerjaan proyek peningkatan Bandara Pitu, Daruba dengan dana sebesar Rp32 miliar melalui APBN tahun 2012, diantaranya penambahan panjang landasan dari 2100 meter, menjadi 2400 meter.

Selain itu, kata Taufik, perbaikan landasan, pembenahan terminal penumpang dan ruang VIP serta pembangunan jalan yang menghubungkan bandara peninggalan Sekutu pada Perang Dunia II itu ke Kota Daruba, Kabupaten Pulau Morotai.

Pengadaan genset untuk operasional bandara tersebut juga menjadi bagian dari pemanfaatan anggaran Rp32 miliar. Kebutuhan listrik untuk operasional Bandara Daruba harus menggunakan listrik, karena kapasitas listrik dari PLN setempat sangat terbatas.

"Bandara Pitu tersebut sudah bisa dimanfaatkan oleh para tamu dan peserta Sail Morotai yang akan digelar di Daruba pada September mendatang, tapi kita belum tahu pesawat penerbangan yang akan menggunakan pesawat berbadan lebar untuk rute bandara itu," katanya.

Menurut Taufik, saat ini sudah ada sejumlah perusahaan penerbangan perintis yang melayani rute penerbangan Ternate-Daruba, di antaranya Nusantara Buana Air (NBA) dua kali seminggu, sementara sejumlah perusahan penerbangan lainnya sudah menyatakan minat untuk membuka rute penerbangan perintis di daerah itu.

Ia mengaku, selain perhubungan udara, pihaknya saat ini membenahi infastruktur perhubungan laut.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Kepulauan Pulau Morotai ketika dikonfirmasi menyatakan, dalam rangka persiapan Sail Morotai pada September 2012 nanti, Pemkab Morotai sedang fokus untuk pembenahan dan pembangunan berbagai infrastruktur terutama jalan di Kota Daruba.

Sehingga, berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik dukungan berbagai pihak. Pemkab juga dalam pembangunan berbagai infrastruktur guna mendukung pembangunan di daerah ini dalam menghadapi penyelenggaraan Sail Morotai.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012