Sebanyak 60 mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku dibekali pelatihan wirausaha Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Kampus Merdeka dalam upaya menekan angka pengangguran di daerah tersebut.

"Tujuan yang ingin dicapai dari program wirausaha, yakni membentuk, menanamkan pola pikir dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan bagi mahasiswa," ujar Ketua TIM Pengelola PMW Wilma Latuny dalam keterangan yang diterima di Ambon, Rabu.

Menurutnya, pelatihan itu juga dapat memberikan pengalaman wirausaha, mengembangkan wawasan dan mengasah keterampilan berfikir dalam bekerja sama lintas bidang ilmu, serta penyelesaian masalah, mengembangkan soft skills, manajerial dalam berinovasi dan berkolaborasi bagi mahasiswa.

Baca juga: Kemenkes survei Unpatti untuk pendirian Prodi Kedokteran Gigi

"Penguatan metode pengembangan kewirausahaan mahasiswa di perguruan tinggi ini dapat membantu mengurangi potensi pengangguran terdidik dari perguruan tinggi. Semua tujuan tersebut diharapkan dapat menjawab Indikator Kinerja Utama (IKU), yakni lulusan mendapat pekerjaan yang layak dan mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus," kata dia.

Saat ini, berdasarkan data terkini Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku, komposisi angkatan kerja pada Februari 2023 terdiri atas 846.921 orang penduduk bekerja dan 54.850 pengangguran

Wilma mengatakan Program Mahasiswa Wirausaha tahun ini diikuti oleh delapan kelompok wirausaha dan masing-masing kelompok didampingi oleh satu dosen pembimbing.

Setelah ditinjau oleh tim PMW, akan diumumkan tujuh kelompok wirausaha yang terpilih untuk menerima bantuan dana PMW.

"Harapannya kegiatan ini dapat berguna bagi mahasiswa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan, sehingga mahasiswa dapat berperan bagi masyarakat dan pembangunan pada waktunya," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Fakultas Teknik Unpatti Johan M. Tupan dalam sambutannya menjelaskan kewirausahaan sebagai salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh kementerian menjadi bentuk kegiatan di luar kampus yang memberikan ruang gerak kepada mahasiswa yang memiliki semangat wirausaha.

Baca juga: Unpatti Ambon kembangkan Program Mahasiswa Wirausaha tumbuhkan minat berusaha

"Untuk mendukung program MBKM, Fakultas teknik lewat Program Wirausaha Mahasiswa memiliki komitmen untuk memberdayakan mahasiswa dengan pengetahuan, penguatan karakter dasar wirausaha dan dukungan yang dilakukan melalui pelatihan entrepreneurship dalam memulai bisnis dengan dukungan dana yang diberikan," ucapnya.

Ia berharap pemberian dana kepada kelompok wirausaha mahasiswa dapat bermanfaat untuk membangun usaha. Dengan demikian, mahasiswa dapat memiliki pengalaman untuk memulai usaha, tetap berkomitmen, disiplin dan memiliki mental untuk terus maju.

Ia berharap mahasiswa yang tergabung dalam PMW dapat direkognisi dalam satuan kredit semester (SKS).

Baca juga: Unpatti Ambon gandeng Kedubes AS kerja sama tingkatkan mutu pendidikan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023