Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku mengedukasi pencegahan dan penanggulangan kekerasan seksual kepada mahasiswa dalam upaya menekan angka kasus tersebut.

"Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Seksual (PPKS) terus dilakukan di lingkungan Universitas Pattimura sebagai bentuk keperdulian, edukasi dan upaya pencegahan terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kampus," ujar Ketua Satgas PPKS Unpatti Prof. A. M. Sahusilawane di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan berdasarkan UU Nomor 30 tahun 2021 Tentang Pencegahan Dan Penanganan Kekerasan Seksual di Perguruan Tinggi harus dapat diimplentasikan sehingga kampus dapat merdeka dari segala bentuk kekerasan dan menjadi lingkungan yang kondusif bagi warganya.

"Masalah kekerasan seksual di kampus harus menjadi perhatian khusus dan tanggung jawab semua warga kampus karena bentuk kekerasan seksual tidak hanya lewat sentuhan saja tetapi juga kekerasan seksual dapat melalui ujaran maupun tatapan," kata dia.

Baca juga: Mahasiswa Unpatti Ambon adakan baca senyap upaya tingkatkan literasi

Olehnya itu ia menegaskan bahwa untuk menghindari angka kekerasan seksual terutama di lingkungan Unpatti maka mahasiswa harus berani melapor ketika terjadi potensi kekerasan seksual.

"Dan siapapun yang melakukan tindakan demikian, maka jangan pernah takut dan malu untuk melaporkannya ke satgas PPKS Unpatti, karena ketika ada laporan yang diberikan kami akan tindak sesuai dengan mekanisme yang berlaku dan kerahasiaan anda kami jaga,” ungkapnya.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Prof. Jusuf. Madubun, menyampaikan apresiasi kepada PPKS Unpatti yang telah melakukan sosialisasi di lingkungan Universitas Pattimura.

"Kekerasan seksual seperti gunung es dimana yang Nampak hanya kecil tapi sesungguhnya yang tersembunyi sangat banyak untuk itu, diharapkan lewat sosialisasi ini mahasiswa diberikan pencerahan terkait dengan apa itu kekerasan seksual dan bagaimana modus dan bentuk dari kekerasan seksual dari berbagai segi sehingga kita dapat bergandengan tangan untuk memberantas kekerasan seksual di Universitas Pattimura," kata Jusuf.


Baca juga: Unpatti Ambon gandeng Kedubes AS kerja sama tingkatkan mutu pendidikan

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023