Gubernur Maluku Murad Ismail menyebut  pertumbuhan ekonomi provinsi itu  pada triwulan II 2023 mencapai 5,18 persen  atau lebih tinggi dari angka nasional yaitu 5,17 persen.

"Hal ini berkat kolaborasi dan sinergi antara pemangku kepentingan  di Maluku  sehingga  inflasi  pada Agustus 2023  turun dari 6,1 persen menjadi 3,18 persen," ujarnya di Ambon, Jumat.

Ia menyampaikan hal itu pada acara  Pameran UMKM bertajuk Maluku Manggurebe   yang dilaksanakan kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku dengan tema Sinergi dan Kolaborasi Mendorong Inovasi Menuju Maluku Maju.

Pada kesempatan itu Gubernur menyampaikan terima kasih kepada BI perwakilan Maluku karena telah  bekerja sama dan bersinergi melalui  Tim Pengendalian inflasi baik provinsi maupun kabupaten dan kota dan juga dengan tim Gubernur Percepatan  Pembangunan.

Ia menilai peningkatan pertumbuhan ekonomi Maluku menunjukan tren positif  terhadap pemulihan aktivitas  ekonomi di wilayah Maluku.

Pada kegiatan Maluku Manggurebe yang ketiga  mengusung tema  sinergitas dan kolaborasi  untuk mendorong inovasi  menuju Maluku maju merupakan  keputusan  untuk bekerja  bersama  melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam rangka mendorong berbagai inovasi di wilayah Maluku.

"Ke depan kita perlu memperkuat sinergi dan kolaborasi  dalam pengembangan UMKM  terutama di sisi hulu dengan   meningkatkan kapasitas  dan kualitas produksi  UMKM di Maluku," ujarnya.

Menurut Gubernur hal itu didorong dengan  berbagai  pelatihan dan bantuan  mesin serta peralatan.

Gubernur  juga menyampaikan  terima kasih kepada  BI Maluku karena telah menjadi bapak angkat  untuk beberapa UMKM di Maluku , sehingga produk UMKM  ada yang sudah ekspor ke luar negeri.

Ia mengimbau  seluruh pemangku kepentingan  dan lapisan masyarakat  yang ada di daerah untuk menggelorakan gerakan bangga buatan Indonesia  sebagai salah satu upaya untuk menggerakan perekonomian  di Indonesia khususnya di bumi raja-raja ini.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023