Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut) meminta  dukungan dari Pemerintah Provinsi setempat dalam pengalokasian anggaran untuk membangun infrastruktur jembatan di daerah itu.

"Anggaran APBD  terbatas, sehingga kami meminta dukungan dari Pemprov Maluku Utara maupun pemerintah pusat untuk mengalokasikan anggaran dalam pembangunan infrastruktur jembatan yang menghubungkan Bobong ibu kota kabupaten dengan sejumlah desa di wilayah Kecamatan Taliabu Barat," kata Bupati Pulau Taliabu Aliong Mus saat dihubungi dari Ternate, Jumat.

Harapan itu disampaikan Bupati Pulau Taliabu  usai melakukan kunjungan kerja bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  ke wilayah Kecamatan Taliabu Barat pada Selasa (07/09) dengan membawa mobil dinas  menyeberang ke wilayah itu, menggunakan rakit, karena tidak ada akses jembatan.

Dia mengatakan, jika dukungan dari pemerintah terkait dalam pembangunan jembatan di Kabupaten Pulau Taliabu maka aktivitas kendaraan baik roda dua dan empat menjadi lancar.

"Kalau akses jembatan sudah dibangun maka tentu aktivitas ekonomi masyarakat di wilayah itu dapat berjalan normal, terutama masyarakat dari Kecamatan Taliabu Barat yang akan memasarkan komoditas ke Kota Bobong,"ujar Bupati.

Oleh karena itu, lanjut Bupati Pulau Taliabu, mengharapkan kepada Pemprov Maluku Utara, agar kabupaten itu juga diperhatikan dalam pemerataan pembangunan di provinsi kepulauan ini.

Sebelumnya, masyarakat di Kecamatan Taliabu Barat meminta pemerintah daerah untuk dapat membangun jembatan yang menghubungkan sejumlah desa di kecamatan itu, karena selama ini transportasi yang mereka gunakan adalah menggunakan rakit maupun perahu motor saat melewati danau seluas panjang 500 meter yang berada di wilayah Kecamatan Taliabu Barat


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023