Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), memberikan bantuan bahan pangan dan uang tunai sebesar Rp11.500.000 per kepala keluarga korban terdampak kebakaran di Kelurahan Bastiong Karance Kecamatan Ternate Selatan untuk memperbaiki rumah dan kebutuhan lainnya.

"Kami memberikan bantuan bahan pangan dan uang tunai bagi sebanyak 25 kepala keluarga (KK)  korban kebakaran, semoga mereka dimanfaatkan uang itu demi kebutuhan mereka di tengah musibah ini," kata Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman di Ternate, Senin.

Pemberian bantuan bahan pangan dan uang tunai itu diberikan langsung oleh Wali Kota Ternate untuk sebanyak 25 kepala keluarga dengan total 112 orang warga Kelurahan Bastiong Karance yang terdampak musibah kebakaran itu di posko pengungsian.

Wali Kota Ternate mengatakan, uang tunai Rp11.500.000 di antaranya Rp10 juta diperuntukkan membangun rumah dan sisanya untuk kebutuhan ekonomi mereka.

Baca juga: Belasan rumah warga di kawasan Pantai Bastiong Ternate terbakar

"Warga korban terdampak kebakaran sudah dipulangkan setelah mereka kita tempatkan di tenda pengungsian selama tujuh hari, tetapi mereka tetap diawasi oleh Pemkot Ternate," ujarnya.

Tauhid mengatakan, kepulangan mereka setelah berakhirnya massa tanggap darurat dan berdasarkan hasil rapat bersama dengan unsur terkait, termasuk para warga korban terdampak kebakaran maka memutuskan mereka dipulangkan dengan tetap diawasi pemkot setempat, sekaligus menyiapkan tenda dan dapur umum di sekitar lokasi kebakaran.

"Warga korban terdampak kebakaran belum ada tempat tinggal, jadi Pemkot Ternate membangun tenda di sekitar lokasi kebakaran sekaligus membuka dapur umum, sehingga membantu meringankan beban mereka di tengah musibah ini,"kata mantan Sekretaris Daerah Kota Ternate itu.

Wali Kota Ternate meminta kepada warga korban terdampak kebakaran tetap ikhtiar dan sabar atas musibah ini, dan berharap agar musibah tidak lagi terjadi di daerah ini.

Baca juga: Dinsos Ternate sediakan tenda bagi korban puluhan rumah terbakar

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023