Travel Volunteers (Travolunteers) Berbagi Bahagia menggandeng Komunitas Moluccas Coastal Care (MCC) mengedukasi lingkungan bagi anak-anak di rumah belajar Katong/Kita Lestarikan Kampung (Kalesang) di Lonthoir, Banda Neira, Maluku Tengah.

“Kami menggandeng MCC karena saya melihat kesamaan visi antara Travolunteers Berbagi Bahagia dan MCC ini, berfokus pada pendidikan dan konservasi lingkungan,” kata Inisiator Berbagi Bahagia, Shabina Gia, Ambon, Rabu.

Ia mengaku, Travolunteers Berbagi Bahagia ini dilakukan karena ingin meningkatkan nilai perjalanannya bersama tim yang dilakukan di berbagai tempat.

“Sebenernya traveling adalah hobi saya dan teman-teman yang terlibat, namun untuk menambah nilai, kami menyatukan dengan misi sosial sederhana, seperti berbagi bahagia kami kepada anak-anak di Banda Neira,” ujarnya.

Ia berharap, hal ini bisa berdampak besar serta menginspirasi anak-anak di Banda Neira. “Kami di sini bukan hanya Travolunteers Berbagi Bahagia  yang berkegiatan langsung ke Banda Neira, namun juga teman-teman kolaborator yang berdonasi,” terangnya.

 

Melalui Berbagi Bahagia, ia juga berharap, kegiatan perjalanan tersebut bisa satukan dengan kegiatan sosial yang berdampak baik bagi Travolunteers Berbagi Bahagia itu sendiri serta masyarakat, khususnya anak-anak di sekitar destinasi yang dikunjungi.

“Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi teman-teman travelers lainnya,” harap Shabina.

Koordinator Rumah Belajar Negeri Lonthoir, Engle Tahalea mengatakan, Rumah Belajar Kalesang sendiri baru kali ini didatangi Travolunteers Berbagi Bahagia.

“Mereka di sini selain ingin menikmati keindahan Banda Neira juga sambil berkontribusi menjadi relawan mengajar pada rumah belajar MCC,” katanya.

Melalui kegiatan bersama berbagi bahagia, enam pemuda Jakarta itu melakukan kontribusi kepada anak-anak di pulau-pulau kecil dengan melakukan perjalanan wisata, sambil menjadi relawan mengajar melalui kegiatan edukasi dan memberi motivasi.

Tidak hanya itu, Travolunteers Berbagi Bahagia juga menyumbangkan sejumlah buku dan perlengkapan belajar serta permainan menarik lainnya untuk anak-anak di rumah belajar Kalesang.

Kegiatan ini melibatkan 45 anak dari rumah belajar LSM Moluccas Coastal Care Lonthoir. Anak-anak sangat senang dan menikmati kegiatan belajar bersama Travolunteers Berbagi Bahagia.

“Mereka dan 30 kolaborator lainnya sejak Agustus telah membangun koordinasi dengan kami Moluccas Coastal Care dan mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan travolunteers ini,” ujarnya.

Walaupun melewati perjalanan laut yang panjang selama lebih dari 16 jam dari Ambon ke Banda Neira, tetapi lanjutnya, teman-teman Berbagi Bahagia tetap semangat untuk bertemu, menyapa dan belajar bersama adik-adik di rumah belajar Moluccas Coastal Care.

“Rumah Belajar Kalesang ini agar adik-adik bisa mendapatkan edukasi sambil bermain, berlangsung selama dua hingga tiga kali dalam satu minggu,” terang Engle.

Di akhir kegiatan belajar, Travolunters Berbagi Bahagia  dan MCC memotivasi adik-adik untuk rajin belajar, semangat menggapai cita-cita, berani bermimpi besar, rajin mengaji, terus berbagi dan berbuat baik bagi banyak orang dan terus menjaga keindahan alam di Banda Neira.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023