Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Maluku menetapkan Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa menjadi Ketua KONI Maluku Tengah untuk periode 2022-2026 usai meraih mandat dari 17 cabang olah raga di daerah itu.

"Dari 18 cabang olahraga yang memiliki hak suara, Pi Bupati Rakib Sahubawa peroleh 17 suara. Artinya hampir seluruh cabang olah raga menginginkan beliau menakhodai KONI di Maluku Tengah," ujar Ketua Harian KONI Maluku Mustafa Kamal dalam keterangan yang diterima di Ambon, Jumat.

Mustafa mengatakan Rakib terpilih dalam Musyawarah Olah Raga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) KONI Kabupaten Maluku Tengah yang berlangsung di Baileo Ir. Soekarno, Masohi.

Rakib Sahubawa terpilih dan menggantikan pj bupati sebelumnya yang juga pernah menjabat menjadi Ketua KONI Maluku Tengah yaitu Muhammat Marasabessy.

Pasalnya sejak terpilih pada 15 Oktober 2022 Muhammat Marasabessy belum dilantik hingga Musorkablub ini harus digelar demi kemajuan olah raga di kabupaten itu.

Baca juga: KONI Maluku kirim 11 Petinju di Pra Kualifikasi PON Makassar

“Musorkalub berlangsung atas rekomendasi dari para ketua cabang olah raga karena saudara Muhammat Marasabessy sudah tak lagi berdomisili di Maluku Tengah," kata Mustafa.

Mustafa memastikan pelantikan pengurus KONI Maluku Tengah dipercepat guna menyelamatkan olah raga di kabupaten itu. “Kepengurusan hasil musyawarah luar biasa tahun lalu kan sudah ada, yang saat ini hanya mengganti ketua," tuturnya.

Kabupaten Maluku Tengah sebelumnya pernah menjadi daerah pencetak atlet berprestasi nomor dua se-Maluku. Hal itu dibuktikan saat Kabupaten Maluku tengah menempati juara umum dua di bawah Kota Ambon yang menempati juara umum satu pada gelaran olah raga multi-event Pekan Olah raga Provinsi Maluku (Popmal) IV pada 2022.

Kini di bawah kepemimpinan Rakib Sahubawa, kata dia, KONI Maluku tengah diharapkan dapat mendulang banyak prestasi dari cabang olah raga yang dibina.


Baca juga: KONI Maluku kirim empat penyelam ikuti bakal kualifikasi PON Aceh

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023