Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku Utara (Malut) meminta agar Festival Pelajar Nusantara (FPN) 2023 menjadi ajang untuk membangun kreatifitas pelajar dalam pengembangan jati diri dan menciptakan moralitas yang baik.

"Harapannya melalui FPN, generasi muda seperti pelajar dapat memanfaatkan waktu yang dimiliki dengan lomba yang bermanfaat, sehingga bertumbuh menjadi pribadi yang sportivitas, yang nanti menjadi seorang pemimpin yang tidak hanya memiliki kepintaran (IQ), namun juga memiliki moralitas yang baik," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Maluku Utara, Asrul Gailea dihubungi, Senin.

Dia mengatakan, FPN yang digelar di Kota Ternate dengan tema "Pelajar Indonesia Bersatu, Kreatif dan Tangguh Untuk Indonesia Maju" menjadi pendorong dalam pembangunan kreatifitas pelajar di daerah ini.

Apalagi, kata dia, menjelang Pemilu 2024 diharapkan masyarakat Maluku Utara sebagai bagian dari warga negara tetap menjunjung tinggi kamtibmas dan menghindari isu berita hoaks, terkhusus generasi muda agar lebih meningkat rasa toleransi agar tidak mudah di manuver dengan isu sara yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sehingga generasi muda tidak mudah terjerumus ke dalam pertikaian pelajar dan kenakalan pelajar seperti pemakaian narkoba, pergaulan bebas.

Oleh karena itu, ia mengharapkan generasi muda dapat diarahkan menjalankan peran yang sangat penting untuk membangun Indonesia ke depannya.

Sementara itu, Kepala LPP RRI Ternate, Dadan Sutaryana mengatakan rangkaian kegiatan FPN yang sudah berlangsung sejak 22 hingga 26 Oktober 2023 dapat berjalan dengan baik sesuai rencana, sehingga menjadi wadah dan sarana untuk mengembangkan bakat dan kreativitas yang dimiliki pelajar SMA/SMK Kota Ternate.

Menurut dia,  melalui kegiatan FPN dapat bermanfaat memotivasi semangat belajar para pelajar di Kota Ternate.

Selain itu,  FPN diharapkan menjadi momentum mempererat silaturahmi dan akselerasi antara pelajar,  guru, media dan Forkompimda Malut untuk memberikan edukasi kepada pelajar agar berjalan dengan optimal.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023