Manajemen RSU Weda, Kabupaten Halmahera Tengah (Halteng), Maluku Utara (Malut) terus meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien guna mendukung akreditasi rumah sakit menjadi syarat utama dalam pelayanan publik.

"Untuk memastikan mutu layanan dan keselamatan pasien sesuai dengan standar kelayakan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Akreditasi ini berlaku untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama hingga rumah sakit rujukan," kata Direktur RSUD Weda Kabupaten Halmahera Tengah Selvia D. Denggo dihubungi dari Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, selama hampir dua tahun terakhir pihaknya berupaya keras menyiapkan persyaratan berupa dokumen serta pembenahan sebagai syarat akreditasi.

"Persiapan akreditasi ini awal Desember tahun lalu dan kami mempersiapkan akreditasi. Awalnya itu kami ingin masuk penilaian Juni tapi karena masih banyak yang perlu dibenahi akhirnya kami undur sampai Oktober (2024), masih banyak lagi yang harus dibenahi tunggu sampai Insya Allah 6-7 November sudah didaftarkan di Kemenkes," ungkapnya.

Selain itu, kata Selvia, RSUD Weda saat ini telah melengkapi dan memenuhi syarat-syarat akreditasi yang kemudian akan diteliti oleh Kemenkes untuk selanjutnya dinilai.

Proses persiapan akreditasi bukan pekerjaan yang mudah dan sulit, karena niat dan kemauan untuk meningkatkan kapasitas pelayanan kepada masyarakat progres yang berlangsung bertahap dapat terpenuhi.

"Sekarang ini kami sudah upload dokumen, semua dokumen sudah kami upload sebanyak 850-an dan sekarang ini mereka sudah mulai periksa. Setelah mereka periksa pekan depan nanti yang akan dihadiri oleh Bupati," ujarnya
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023