Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku, Syamsul Rifan Kubangun memastikan logistik kotak suara yang sementara didistribusikan ke daerah-daerah dikawal dengan aman.

“Gudang logistik itu ada pengamanannya di setiap daerah. Jadi sudah pasti aman karena akan dikawal oleh pihak kepolisian,” kata Rifan, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, saat ini, KPU Maluku baru menerima logistik kotak suara Pemilu 2024 untuk dua kabupaten/kota yakni, Kota Ambon dan Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB).

Pendistribusian logistik tahap pertama itu kini sudah berada di kedua gudang logistik kabupaten/kota tersebut.

Untuk Kota Ambon, jumlah kotak suara yang didistribusikan sebanyak 4.710 kotak. Sementara untuk Kabupaten SBB berjumlah 3.312.

"Di Maluku ada 11 kabupaten/kota. Tapi yang sudah terima logistik kotak suara baru Kota Ambon dan Kabupaten SBB," ujarnya.

Menurutnya, setelah Ambon dan SBB, direncanakan logistik kotak suara juga akan segera didistribusikan ke Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Seram Bagian Timur (SBT) dan Maluku Barat Daya (MBD).

"Jadi selain Ambon dan SBB, nanti juga direncanakan akan didistribusikan ke Malteng, SBT dan MBD," ungkap Rifan.

Untuk kabupaten/kota lainnya seperti Buru, Buru Selatan (Bursel), Kepulauan Tanimbar, Kota Tual , Kepulauan Aru dan Maluku Tenggara (Malra), Rifan melanjutkan, daerah ini masih menunggu.

Logistiknya sementara dalam proses pengiriman dari pusat. Jika sudah tiba di Ambon, maka tentu akan didistribusikan ke KPU masing-masing.

"Yang pasti semua akan terima kotak suara. Proses pengiriman sudah berjalan dan ketika tiba di Ambon maka langsung didistribusikan ke daerah," ucapnya.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023