Kepolisian Daerah (Polda) Maluku melakukan sosialisasi pemilihan umum (Pemilu) damai kepada pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di wilayah Maluku.

Wakil Direktur Binmas Polda Maluku AKBP Rositah Umasugi, selaku Kasubsatgas Binmas Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Salawaku 2023-2024 mengatakan, pihaknya bertugas menjaga situasi politik tetap terjaga kondusif saat menjelang hingga pasca Pemilu 2024.

"Yang perlu diwaspadai adalah adanya polarisasi atau pembelahan di tengah masyarakat. Kita harus bisa mengantisipasi hal itu terjadi,” kata Rositah, di Ambon, Rabu.

Menurutnya, meskipun polarisasi dalam kancah pesta demokrasi itu tidak bisa dihindari, namun harus bisa meminimalisir dan menghilangkan perpecahan yang dapat mengakibatkan konflik.

Rositah memastikan menjelang Pemilu 2024, akan ada banyak berita hoaks yang tersebar di wilayah Maluku dan berpotensi memicu perselisihan.

Baca juga: Polda Maluku-Bakamla Maritim Timur sinergi amankan Pemilu 2024

Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan literasi agar masyarakat Maluku tidak mudah terprovokasi dengan politik identitas, yang mana para pendukung saling menjatuhkan.

"Kami meminta, agar para pendukung tidak euforia jika pasangan calonnya menang dan untuk yang kalah tidak membuat hoaks," pintanya.

Ia mengungkapkan, masyarakat atau simpatisan partai cenderung lebih mendengar dan patuh kepada para tokoh partai. Maka dari itu, diperlukan sinergitas antar para tokoh dengan pemerintahan demi membantu TNI-Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif.

"Kami juga mengimbau agar masyarakat bijak menggunakan media sosial, jarimu harimaumu, sehingga menyaring baru dibagikan," terangnya

Sementara Ketua DPW PKS Maluku, Azis Sangkala menyatakan, PKS Maluku siap bekerja sama dengan aparat keamanan untuk menjaga stabilitas Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (kamtibmas) menjelang Pemilu serentak 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Polda Maluku atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pemilu damai ini,” ucapnya.

Sosialisasi Pemilu damai 2024 dilaksanakan di kantor DPW PKS Maluku, Jalan Putuhena, Desa Poka, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Maluku sosialisasi Pemilu damai kepda pengurus PKS Maluku

Pewarta: Winda Herman

Editor : Moh Ponting


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023