Provinsi Maluku berhasil meraih juara umum pada  malam puncak acara Anugerah Pesona Indonesia (API) ke-8 2023, dengan mendapatkan 10 kategori penghargaan  dari 18 kategori berlangsung di Gedung Plaza Presisi Manise, Kota Ambon.

“Kepada para pemenang berbagai kategori, saya mengucapkan selamat dan terus menjadi yang terbaik dalam meningkatkan kualitas dan daya saing pariwisata,” kata Gubernur Maluku Murad Ismail, di Ambon, Rabu malam. 

Kategori yang dimenangkan Maluku pada API award 2023, yaitu, makanan tradisional, juara satu sukong latuhalat, Ambon, Promosi Pariwisata Digital, juara satu Ngurbloat Smart Tourism, Maluku Tenggara, kategori Brand Pariwisata, juara satu Spice Islands, Maluku.

 

Selanjutnya, kategori wisata olahraga dan petualangan, juara dua Namrinat Green Adventure, Buru Selatan, Wisata Air, juara dua Laha Muck Diving, Laha, Ambon, Ekowisata, juara satu mangrove sanleko, Kabupaten Buru. 

 

Dataran Tinggi Terbaik, juara satu Taman Meditasi Kutmokor, Maluku Barat Daya, Situs Sejarah, juara dua Situs Kapitan Joncker de Manipa, Destinasi Kreatif, juara tiga Kerambah Cinta Sawai, Maluku Tengah dan Kategori Surga Tersembunyi, juara dua Pantai Meatimiarang, MBD. 

 

Murad mengatakan, malam API ke-8 2023 memberikan penghargaan kepada dunia pariwisata dan ekonomi kreatif (Ekraf) yang menjadi motor penggerak ekonomi di masyarakat daerah maupun nasional.

 

“Kegiatan malam ini merupakan momen penting bagi dunia pariwisata yang berdampak luas dan menjadikan informasi penting bagi wisatawan untuk mendukung berbagai tempat wisata di seluruh Indonesia termasuk Maluku,” ujarnya.

 

Menurutnya, pariwisata kini telah berkembang menjadi gaya hidup dan memiliki dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 

 

“Untuk itu saya berharap, kementerian dan lembaga terkait serta pihak swasta dapat mendorong peningkatan kualitas tempat wisata termasuk desa wisata, pelayanan wisata serta industri pariwisata dan Ekraf,” harap Murad. 

 

Sementara Kabid Pengembangan Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku, Marisca Kakiailatu mengatakan ini  pertama kali  Provinsi Maluku menjadi juara umum pada API Award 2023.

“Tentu itu menjadi prestasi yang sangat membanggakan. Kita bersyukur karena dengan hasil dukungan dari masyarakat, API ini kita menang dari sekitar lima kategori di juara satu sehingga kita menjadi juara umum,” kata Marisca. 

 

Ia mengaku, destinasi wisata yang masuk dalam nominasi di API award 2023 ini adalah destinasi wisata baru yang dipublikasikan. Sehingga, destinasi wisata tersebut akan menjadi perhatian bagi pemerintah dari semua sektor untuk dikembangkan.

Pewarta: Winda Herman

Editor : Ikhwan Wahyudi


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023