Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Maluku mengirim 14 mahasiswa penghafal Al Quran atau Hafidz untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Nasional di Malang, Jawa Timur.

"MTQ yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya Malang berlangsung 3-10 November 2023, Universitas Pattimura mengirimkan 14 peserta dengan enam mata lomba," kata Rektor unpatti Prof. M. J. Saptenno di Ambon, Kamis.

Saptenno mengatakan keenam mata lomba yang diikuti para mahasiswa Unpatti tersebut yaitu debat ilmiah kandungan Al Quran Bahasa Inggris, Fahmil Quran, Khaththil Quran Kontemporer, Syarhil Quran , Tartil Quran, dan Tilawatil Quran.

"Tentunya kampus berharap para kontingan unpatti yang telah terpilih melalui berbagai seleksi dapat membawa harum nama baik unpatti dan ketika mereka kembali lagi ke universitas ini mereka dapat menjadi agen perubahan dengan sikap dan perilaku serta menjaga nilai-nilai persudaraan dan dapat memberikan iklim yang positif dalam pergaulan dengan sesama," ujar Saptenno.

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Nasional XVII bertujuan untuk meningkatkan dan mengaktualisasi nilai-nilai dan pemahaman Al- Qur’an dikalangan mahasiswa, meningkatkan ukhuwah islamiyah melalui budaya baca Al-Qur’an serta membangun rasa persaudaraan.

“Berlombalah dengan sungguh-sungguh, bertanggungjawablah atas apa yang telah dilatih dan dipersiapkan sehingga hasil yang dicapai adalah hasil yang maksimal, kata Rektor

Apalagi para mahasiswa tersebut telah berlatih selama dua bulan terakhir untuk mempersiapkan penampilan terbaik pada gelaran lomba tersebut.

Rektor juga berharap di akhir kepemimpinannya Kontingan MTQ Universitas Pattimura dapat mempersembahkan medali sebagai kado untuknya

“Ini terakhir kalinya dalam jabatan saya sebagai rektor melepas kontingen MTQ, persembahkanlah medali sebagai kado buat saya dan buat Universitas ini. Mulailah segala sesuatu dengan doa dan persiapkanlah diri dengan baik," ucapnya.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Daniel


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2023