Ternate (Antara Maluku) - Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara akan menjadikan Festival Maitara untuk memromosikan berbagai potensi pariwisata di daerah tersebut.

"Kami akan memanfaatkan pergelaran Festival Maitara sebagai ajang promosi potensi pariwisata di Kota Tidore Kepulauan," kata Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Tidore Kepulauan Abas Mahmud di Ternate, Rabu.

Ia mengatakan, Maitara Festival 2012 mulai dihelat meskipun acara puncak agenda tahunan tersebut masih berlangsung pada tanggal 20-25 November.

Namun, sejumlah rangkaian kegiatan persiapan mulai dilakukan, sejumlah PNS pada masing-masing SKPD juga dikerahkan untuk bersama warga masyarakat melakukan aksi sosial bersih-bersih pantai di wilayah pesisir Pulau Maitara dan Pantai Wisata Kelurahan Rum dan Pantai Rum.

Ia mengaku kegiatan bersih-bersih pantai tersebut merupakan kegiatan yang bersifat atraktif untuk merangsang dan memotivasi partisisipasi masyarakat pada level bawah.

"Selanjutnya diharapkan masyarakat akan sadar bahwa pantai yang bersih menjadi sesuatu yang lebih berharga dan bermakna bagi lingkungan," kata Nurmina.  

Sejumlah kegiatan yang siap dihelat pada Maitara Festival 2012 antara lain lomba karaoke lagu-lagu daerah, lomba melukis, lomba renang, pameran ekonomi kreatif, pentas seni budaya dan semalam di Maitara.

"Untuk lomba renang antara pulau Maitara dan Rum, panitia telah membuka pendaftaran hingga tanggal 23 Nopember dan lomba karaoke lagu-lagu daerah pendaftaran ditutup pada 16 November, tempat pendaftaran bertempat di Dinas Pariwisata Kota Tikep," katanya.

Pemda kabupaten/kota di Malut saat ini intensif mengembangkan objek pariwisatanya seperti di Kabupaten Halmahera Selatan yang gencar mempromosikan Pulau Lelei dan Kabupaten Morotai yang saat ini mempromosikan Pulau Dodola sebagai objek pariwisata andalan di daerah tersebut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2012